FKUB Banjar Sepakat tak Sebarkan Video dan Foto Korban Terorisme

BANJAR, (KAPOL).- Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Banjar, sepakat mengutuk perbuatan teroris yang menimbulkan banyak korban jiwa di Indonesia akhir-akhir ini.

Kesepakatan dan pernyataan sikap tersebut disampaikan langsung para tokoh lintas agama, seperti dari Islam, Kristen, Protestan, Hindu, khonghcu serta tokoh ormas keagamaan dan perwakilan Kementerian Agama Banjar, di RM Bunga, Jalan Gerilya Banjar, Rabu (16/5/2018).

Bersamaan acara itu, disepakati pelaku usaha kuliner di Kota Banjar diharuskan berjualan mulai sore hari selama bulan ramadan.

Ketua FKUB Banjar, Iskandar Effendi, selain kesepakatan itu, tokoh agama yang tergabung FKUB Banjar ini menyatakan mendukung penegakan hukum dan penindakan pelaku teroris seperti yang dilakukan aparat kepolisian dan TNI selama ini.

“Kami pun sepakat, supaya video atau foto korban teroris agar tak disebarluaskan,” ucapnya.

Karena, ucap dia, berpotensi trauma masyarakat, termasuk anak-anak.

Lebih lanjut dia berharap para tokoh lintas agama mampu memberikan pembinaan kepada masyarakat supaya kasus terorisme ini tak sampai menimbulkan konflik antara umat beragama.

“Orang tua diharuskan meningkatkan pengawasan anak-anaknya, supaya tak terjerumus ajaran terorisme yang menyesatkan itu,” kata Iskandar.

Menurut dia, potensi radikalisme bisa muncul dari siapa saja dan agama apa saja.

“Untuk itu, harus diantisipasinya oleh para tokoh agama melalui pendekatan dan ajaran keagamaan dalam kehidupan sehari-hari sekarang ini,” tuturnya.

Acara penyampaian pernyataan sikap mengutuk terorisme tersebut mendapatkan pengawasan dan pengawalan aparat kepolisian dan TNI. (D.Iwan)***

Komentari