Fluktuasi Pengunjung, Imbasnya ke Pendapatan Pedagang

BANJAR, (KAPOL).- Geliat dan keramaian Taman Kota (Tamkot) Lapang Bhakti Banjar dirasakan meningkat saat cuaca cerah dan hari libur saja.

Musim hujan, dipastikan pusat keramaian yang terlatak di jantung Kota Banjar ini sepi pengunjung.

Ketidak tetapan atau fluktuasi jumlah pengunjung itu, berimbas terhadap pendapatan para pedagang yang biasa mangkal di sekitar Tamkot selama ini.

Diantara pedagang, banyak sudah gulung tikar sekarang ini. Selain faktor sepi pembeli, juga dilatarbelakangi kondisi kios yang diberikan pemerintah banyak yang rusak.

“Keberadaan kios pedagang tamkot terlihat kumuh. Dipastikan, kami tak merasa nyaman belanjanya juga sekarang ini,” ujar seorang pengunjung, Sri (27), Aminah (43) dan Mahmud (45).

Berlatar kondisi kios pedagang yang kumuh tersebut, terakhir banyak pedagang yang memilih berjualan di lapangan Tamkot, tidak dipinggiran lagi.

Bahkan, ada pedaagng yang rela “ngampar” menjajakan barangan dagangan di lokasi lalu lintas pengunjung berolahraga selama ini.
“Lebih dekat pengunjung, diharapkan lebih laris saja,” ucap Ny.Yoyoh, Penyedia Sewaan Raket Bulu Tangkis, kemarin.

Menurutnya, ramainya pengungjung Tamkot selama ini berimbas pendapatan para pedagang. “Jika ramai pengunjung, dipastikan uang yang diperoleh mucekil, tidak seperti musim hujan,” ujarnya. (D.Iwan)***

Komentari