Gedung Banjar Conventional Hall (BCH) Diresmikan

BANJAR, (KAPOL).- Sebuah gedung baru milik Pemerintahan Kota Banjar dengan nama Banjar Conventional Hall (BCH) resmi dibuka untuk umum, Rabu, (21/11/2018).

Gedung megah berkapasitas 3.000 orang tersebut diapit kantor Dinas Tenaga kerja dan transmigrasi serta BKPPD Kota Banjar ini, terletak di Jalan Gerilya, Komplek Perkantoran, Pamongkoran, Kota Banjar, dengan menghabiskan dana sekitar Rp. 19,5 Milyar lewat APBD Kota Banjar.

Hadir dalam peresmian gedung BCH tersebut Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, yang sekaligus meresmikan pembukaan gedung, juga hadir Ketua DPRD Kota Banjar, Dadang R Kulyubi, Kapolres Banjar, AKBP. Matrius SIK.,MH., Perwakilan Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov Jabar, Edi Junaedi,S.Sos, Calon Wakil Wali Kota terpilih, H. Maman, Mantan Wali Kota 2 periode, Drs. H. Herman Sutrisno, Kepala Dinas PUPR, Edy Djatmiko, Para Kepala OPD lain, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan yang lainnya.

Wali Kota Banjar, Ade Uu Sukaesih mengatakan bahwa Gedung BCH ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kota Banjar dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat untuk memberikan fasilitas umum yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan.

Selain itu, BCH ini untuk mendorong peningkatan Pendapatan Daerah dari sektor pajak. Sehingga, pembangunan daerah terus berkembang dan berkelanjutan.

“Bangunan ini dibangun dari tahun 2016. Dengan menggunakan APBD Kota Banjar, APBD Provinsi Jabar, dengan pagu anggaran 19,5 Miliyar,” ucap dia.

Dia menambahkan, BCH ini memiliki kelebihan diantara gedung yang ada di Kota Banjar.

Seperti, lahan parkir luas, disertai tersedianya Basement serta kapasitas gedung yang mampu menampung 3000 orang.

“Yang membedakan BCH dengan gedung lainnya seperti Gedung Banjar Indaman (GBI) yakni kapasitas lebih besar BCH mampu menampung 3000 orang sedang GBI hanya 600 orang. Halaman parkir luas,” ucapnya.

Dirinya menegaskan untuk mengawali penggunaan BCH, Ade Uu memberlakukan penggunaan gratis selama 1 bulan bagi masyarakat yang ingin melakukan kegiatan dengan estimasi massa lebih dari 200 orang.

Ketua DPRD Kota Banjar, Dadang R. Kulyubi menyambut baik dengan adanya sarana dan prasarana baru di Kota Banjar.

Dadang berharap dengan adanya gedung BCH tersebut bisa dimaksimalkan penggunaannya, dan bisa merawat dengan baik.

“Kini pelayanan untuk publik sudah ada dan bertambah lagi, yang representatif, tinggal bagaimana untuk memformulasikan dan mengurus gedung ini, tentunya maintenance yang harus disiapkan, jangan sampai setelah ini dibangun, cul-leos begitu saja,” tuturnya.

Tetapi saya kira stake holder di Kota Banjar bisa lebih cerdas, bagaimana untuk mengurus dan merawatnya.

Tidak hanya pemangku kepentingan saja, namun warga masyarakat pun harus demikian,” ucap Dadang.

Untuk harga sewa-nya sendiri Wali Kota Banjar, Ade Uu belum bisa memastiskan angka kisarannya berapa, sebelum melihat antusias masyarakat yang akan menyewa.

“Pengelolaan asset kita serahkan pada DPPKAD Kota Banjar dan biaya sewa nanti saja melihat perkembangannya seperti apa, lewat Perwalkot tetapi disesuaikan dengan kemampuan masyarakat Kota Banjar,” Pungkasnya. (Agus Berrie)***

Komentari