oleh

Geger Tanah Kuburan TPU Pakemitan Cikatomas Dicuri Malam Jumat

TASIKMALAYA, (KAPOL).- Sebanyak 25 dari 500 makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Blok SDN 1 Cikatomas Kp. Pakemitan 2 Desa Pakemitan Kecamatan Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya berantakan.

Terdapat lubang sedalam 45 cm dengan diameter 10 cm tak jauh dari batu nisan. Kejadian tersebut membuat warga geger karena jenazah di dalamnya tetap utuh.

“Rata – rata makam yang digali merupakan makam – makam yang atasnya sudah ditembok. Tanah makam berantakan walaupun tidak ditemukan adanya jenazah yang hilang,” kata Danramil 1218/Ckm, Kapten Inf Mamat Sutisna kepada KAPOL, Sabtu (9/11/2019).

Setelah pengecekan ke lapangan, pihaknya bersama kepolisian berkoordinasi dengan Ketua MUI dan MWC NU Kec Cikatomas.

Kejadian penggalian dan pengambilan tanah makam tersebut biasanya terkait dengan hal keyakinan seseorang yang berkaitan untuk memenuhi syarat – syarat tertentu.

“Karena penggalian tidak sampai ke posisi jenazah. Tidak ada barang yang hilang pula, hanya tanah sisa galian berantakan di atas makam,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi kejadian terulang di lokasi pemakaman lain, pihaknya bersama kepolisian terus melakukan pemantauan ke lapangan.

Sekaligus melakukan patroli malam bekerja sama dengan masyarakat dan penggali kubur.

“Sebab upaya tersebut diduga dilakukan di malam hari. Pemilihan makam yang diambil tanahnya juga dilakukan secara acak,” katanya. (KP-11)***

Komentar

News Feed