oleh

Gotong Royong Bersihkan Sungai, HUT ke–70 Brigif Raider 13/1 Kostrad

TASIK, (KAPOL).- Masih dalam rangkaian kegiatan memperingati HUT Brigif Raider 13/Galuh yang ke 70, sejumlah personil diterjunkan untuk membantu warga dalam keberaihan lingkungan, Kamis (5/9/2019).

Khususnya saluran sungai yang kerap dijadikan lokasi pembuangan sampah rumah tangga.

“Kegiatan Karya Bakti ini masuk sebagai salah satu dari program untuk menjalin kebersamaan dalam bidang kebersihan khususnya pengairan di wilayah Tasikmalaya,” demikian diungkapkan Komandan Brigif Raider 13/Galuh, Letnan Kolonel Inf Mochamad Mahbub Junaedi.

Dikatakannya, Brigif Raider 13/Galuh bersama dengan anggota Polsek Mangkubumi, Koramil Kawalu, Lanud Wiriadinata, Satpol PP, SMK BPI Baturompe Tasikmalaya dan masyarakat sekitar saling bahu membahu dan gotong royong membersihkan sungai di daerah Kelurahan Cigantang Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya.

Baksos bersih-bersih sungai disambut baik oleh warga Cigantang, sebab warga sekitar sangat mengeluhkan bila saat musim hujan tiba, sungai tersebut meluap dikarenakan banyaknya sampah plastik yang menyangkut di bebatuan.

Sementara Perwira seksi Teritorial Letda Inf Subagiyo mengungkapkan, masih dalam menyambut HUT Brigif Raider 13/Galuh.

“Karya bakti ini yang kita selenggarakan di Kelurahan Cigantang Kecamatan Mangkubumi, pertama-tama karena ada masukan masyarakat setempat, bahwa mereka mengeluhkan debit air. Apabila curah hujan tinggi, maka debit air naik. Sehingga terjadi banjir di tempat ini,” katanya.

Untuk itu, kata Subagio, hasil komunikasi dengan masyarakat Cigantang, akhirnya aspirasi itu diserap dan digelar karya bakti di sungai Desa Cigantang.

“Saya harap dengan adanya kami disini dapat mengatasi permasalahan banjur yang selama ini menjadi keluhan masyarakat Desa Cigantang” ungkapnya.

Ketua RW setempat Enjang mengungkapkan, pihaknya saja setuju dan bangga bisa kerjasama dengan unsur TNI dan Polri serta elemen lainnya dalam antisipasi terjadinya luapan air sungai.

“Saya sangat senang dengan diselenggarakannya karya bakti di Kelurahan Cigantang ini, sebab sungai disini memang saat musim hujan tiba pasti meluap dan banjir. Untuk itu saya mewakili masyarakat Cigantang mengucapkan terima kasih telah membantu kami disini memelihara lingkungan, saya harap kedepannya program ini selalu terus berjalan dari desa ke desa sebab dengan kedisiplinan aparat dapat menjadi contoh masyarakat untuk peduli lingkungan,” katanya.

Kegiatan Karya Bakti yang diselenggarakan oleh Brigif Raider 13/Galuh juga mendapat apresiasi dari Ketua Komunitas Lingkungan Tasikmalaya (Kolintas) Indra Ahmad Mustofa.

Bersih-bersih lingkungan ini juga sebagai bagian dari menyadarkan warga pentingnya menjaga lingkungan.

“Saya selaku ketua Kolintas menyambut baik dan merasa sangat terbantu, sebab kegiatan seperti ini dapat menjadi acuan masyarakat akan sadar dan peduli lingkungan sekitar. Khususnya tidak membuang sampah di sungai. Sekali lagi saya berterima kasih semoga ini menjadi amal baik dan apa yang telah dikerjakan hari ini dapat bermanfaat oleh masyarakat Cigantang,” katanya. (KP-07).***

Komentar

News Feed