oleh

Hafal 30 Juz Al Quran, Gratis Berlatih Kuda

BANJAR, (KAPOL).- Hafal 30 juz Al Quran gratis latihan berkuda di Yayasan Arif Saeful Rahman “Rumah Berkuda Ar Rahman” Gardu, Desa Balokang, Kec Banjar. Tepatnya, sekitar Taman Makam Pahlawan Kota Banjar.

“Gratis berlatih naik kuda juga diberikan kepada remaja aktivis masjid,” kata Ketua Yayasan Arif Saeful Rahman yang membawahi Rumah Tahfidz Ar Rahman, Homescholing Grup PAUD/TK, Homescholing SD, LPQ Qiraati, Rintisan Kuttab Ar Rahman, Rintisan Pesantren Tahfidz dan, Rumah Berkuda Ar Rahman, Zaenal Arifin, S.Sos.I., M.Pd., Senin (19/8/2019).

Dijelaskan dia, saat disediakan tiga ekor kuda untuk berlatih Rumah Berkuda Ar Rahman. Diantara yang biasa berlatih itu, ada kalangan sekolah mulai PAUD, TK, SD, SMP, SMA atau remaja.

“Ada juga yang berlatih pribadi atau privat. Saat berlatih itu terlihat banyak potensi atlit berprestasi dari Kota Banjar. Anehnya saat ada even itu, terkadang Banjar sewa atlit dari luar Banjar,” ucapnya.

Menurutnya, berlatih kuda Rumah Berkuda Ar Rahman diberlakukan sistem paket. Diantaranya, ada paket Tahfidz 30 juz ( gratis) bagi yang hafal 30 juz, paket hiburan on the spot (datang ke lokasi langsung keliling lapangan), paket Tahfidz On the horse (berkuda sambil menghafal).

Selain itu, ada paket religi tadabbur alam (keliling mengitari beberapa pesantren di sekitar lokasi dan menikmati pemandangan alam yang mengasikan), paket sekolah atau lembaga (khsusu untuk sekolah yang ingin mengenalkan olahraga kuda atau untuk extra kurikuler disekolahnya).

Selanjutnya, ada paket pemula (bagi anda yang ingin mencoba atau treal agak lama durasi waktunya dengan diajarkan teknik menunggang kuda dasar), paket intensif kursus (dengan berlatih sebulan 4 kali sampai mahir mengendalikan kuda), terapi berkuda (bagi yang mempunyai masalah untuk ditangani secara khusus seperti autisme, hiperaktif) dan terakhir paket Sunnah Berkuda (belajar berkuda dan memanah)

“Diantara paket gratis itu, ada juga latihan berkuda berbayar. Yakni, per jam jika berlatih di lokasi Rumah Berkuda Ar Rahman ditarif Rp 250 ribu per jam. Jika dibawa keluar berkisar Rp 300 ribu sampai Rp Rp 350 ribu. Ini semua tergantung jarak perjalanan. Pembiayaan itu belum diskon,” tuturnya.

Lebih lanjut dia mengajak semua lembaga dan institusi pendidikan untuk bersama-sama meningkatkan kesehatan, keberanian dan kedisiplinan melalui berlatih naik kuda.

Dikatakan dia, ini ada keberkahan bagi kita semua, terutama

generasi pewaris masa depan, anak-anak kita. Anas bin Maalik radliyallaahu ‘anhu berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, “Barakah itu ada pada ubun-ubun kuda”.

Adapun manfaat berkuda, dijelaskan dia, diantaranya, meningkatkan kekuatan otot, meningkatkan akselerasi reflek tubuh, mencegah kram otot, meningkatkan pergerakan tulang sendi, meningkatkan sistem kardiovaskular, meningkatkan sirkulasi dara, menstimulasi integrasi sensor, meningkatkan penglihatan sehingga meluas, meningkatkan tanggung jawab, kesabaran, kedisiplinan dan rasa percaya diri

“Teknik baru berlatih kuda Insya Allah membuat berbagai pihak tertarik dan penasaran. Tidak sedikit anak-anak yang awalnya takut dan khawatir, justru tertawa riang setelah mencoba langsung berkuda. Bahkan, tidak sedikit yang sudah berani menunggang kuda tanpa dituntun oleh pelatih,” ujar Penanggungjawab Rumah Berkuda Ar Rahman. (D.Iwan)***

Foto | Penanggungjawab Rumah Berkuda Ar Rahman, Zaenal Arifin, S.Sos.I., M.Pd., memberikan pelatihan berkuda kepada seorang pelajar di sekitar “Rumah Berkuda Ar Rahman” Gardu, Desa Balokang, Kec Banjar. Tepatnya, sekitar Taman Makam Pahlawan Kota Banjar, belum lama ini.

Komentar

News Feed