Halaman ‘Saba Desa’ Koran Kabar Priangan, Diapresiasi DPM-Desa Provinsi Jabar

SUMEDANG, (KAPOL).- Sekertaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Barat, Drs. M. A Afriandi, MT mengapresiasi halaman ‘Saba Desa’ di koran Kabar Priangan.

Berkaca dari itu, kata dia, pemerintah desa tentu saja bisa mendapatkan pengalaman.

Diantaranya, ucap dia, bagaimana belajar memberikann keterbukaan informasi ke publik yang difasilitasi koran Kabar Priangan di halaman ‘saba desa’ itu.

“Itu merupakan bentuk kerjasama yang baik antara pemdes, kecamatan termasuk SKPD terkait yang membidangi pemdes,” ujarnya kepada KAPOL (Grup Pikiran Rakyat) pada saat melakukan evaluasi ke Desa Margalaksana, Kec. Sumedang Selatan, Rabu (17/1/2018).

Alhamdulillah, kata dia, halaman ‘saba desa’ di ‘KP’ patut diacungi jempol dan disyukuri para kades.

“Ada wadah, maka silahkan para kades menyampaikan informasi ke masyarakat seperti soal realisasi program,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, sejak
dua tahun terakhir sampai sekarang dan kedepan, pihaknya acap kali mengajak media massa untuk menjadi bagian dalam membangun desa di Jabar.

“Kami pikir bukan hanya pemberitaan saja, tapi individu wartawannya pun ada bagian di dalamnya dalam ikut membangun desa di Jabar,” tuturnya.

Menurutnya, dengan diketahuinya tahapan pembangunan dan realisasinya oleh publik,
maka masyarakat pun bisa mengukur sendiri terkait kapasitas pemdes, kades termasuk aparaturnya.

Seperti sekarang, kata dia, dengan meningkatnya pembangunan di Desa Margalaksana atau tak seperti tahun-tahun sebelumnya, itu harus diketahui publik.

“Margalaksana itu, sekarang ada peningkatan yang diukur dari kapasitas pemdesnya, perangkatnya dan infrastrukturnya,” ujar dia.

Sepengetahuannya, Margalaksana sekarang cukup jauh berbeda dengan lima tahun yang lalu.

Sebelumnya, kata dia, akses ke Margalaksana cukup sulit dan dulu disana bisa dikatakan maju tidak, bahkan mundur pun tidak.

“Nah, dengan berkembangnya Margalaksana sekarang ini, menjadi bagian evaluasi agar kapasitasnya terus ditingkatkan,” ujarnya.

Ia mengapresiasi koran Kabar Priangan yang disebutnya ikut berperan dalam mendongkrak kapasitas desa di Priangan Timur dan Jabar. (Azis Abdullah)***