oleh

Hasil Pilkades Bisa Dipantau Quick Count 

TASIK, (KAPOL).- Pada perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 211 desa se-Kabupaten Tasikmalaya yang digelar Kamis (23/10/2019) ini, Pemkab Tasikmalaya menyiapkan Quick Count atau hitung cepat hasil perolehan suara.

Hasil dari hitung cepat ini bisa segera diketahui hanya dalam beberapa jam saja pasca ditutupnya TPS.

Kasubag Bina Aparatur Pemdes pada Bagian Pemerintahan Desa Setda Kabupaten Tasikmalaya, Agung Nur Budhiansyah mengatakan, nantinya setiap panitia atau petugas Pilkades yang telah ditunjuk diminta untuk melaporkan hasil perolehan suara Pilkades di lokasi ke Bagian Pemerintah Desa Setda Kab Tasikmalaya.

Pelaporan ini dilakukan satu pintu via pesan singkat WhatsApp kemudian direkap oleh petugas.

“Nanti pusatnya di Setda, secara quick count. Lapoan landung dari tim panitia kabupaten yang mantau langsung ke lokasi,” jelas Agung, Rabu (23/10/2019).

Pihaknya memprediksi, bila penghitungan suara dilakukan pada pukul 13.000 wib, maka pada sore hari hasil pilkades ini sudah bisa masuk dan terpantau di Setda Kabupaten Tasikmalaya.

Dikatakan Agung, sejauh ini berdasarkan laporan dari panitia pilkades baik tingkat kecamatan maupun desa, kesiapan pelaksanaan sudah 100 persen.

Hal-hal yang sifatnya logistik administratif, seperti surat suara pun sudah siap dan sudah mendapatkan penjagaan ketat dari petugas kepolisian.

Disinggung soal pengawasan dalam pelaksanaan Pilkades, Agung menambahkan, pengawasan langsung dilakukan oleh Aparat Penegah Hukum (APH). Artinya jika ada temuan di lapangan tentang kecurangan yang dilakukan oleh calon kepala desa, bisa langsung dilaporkan kepada kepolisian atau kejaksaan.

“Jadi tidak ada penwas seperti pada Pileg kemarin. Jadi langsung diawasi oleh kepolisian. Jika ada temuan, maka bisa langsung dilaporkan saja,” jelas dia.

Sementara itu, panitia Pilkades di Kabupaten Tasikmalaya, sudah mematangkan persiapan menghadapi puncak pesta demokrasi tersebut.

Pematangan persiapan itu berupa tahapan sosialisasi dan bimbingan teknis terhadap tata cara penghitungan, pemungutan, dan rekapitulasi surat suara.

“Para KPPS ini kami bekali apa saja tugas mereka pada saat hari H besok. Di antaranya mengecek KTP, DPT, memberi surat suara kepada pemilih, menjaga kotak suara, dan lainnya,” ujar Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Cikunir Kecamata Singaparna, Mahrom.

Mahrom berharap tidak ada lagi masalah di hari H setelah mendapatkan bimtek, terutama pada tahapan pemungutan suara.

Ia menginginkan proses pemungutan dan penghitungan, serta rekapitulasi surat suara di KPPS nantinya benar-benar lancar tanpa ada masalah. (KAPOL)***

Komentar

News Feed