Hati-hati Melintas Jalur Gentong, Jalan Longsor Membahayakan Pengendara

KADIPATEN, (KAPOL).- Tak ada angin maupun hujan, tebing bahu jalan Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya tiba-tiba ambrol, Minggu (10/11/2018) siang.

Beruntung, kejadian ini tidak sampai menyebabkan korban jiwa, namun hanyq luka ringan saja.

Meski demikian, akibat ambrolnya tebing tersebut membuat arus lalu lintas tergnaggu dan diberlakukan satu arah.

Kapolsek Kadipaten, AKP. Erustiana mengatakan tebing yang ambrol merupakan bahu jalan setinggi kurang lebih 10 meter.

Tebing itu tengah dilaksanakan perbaikan, sehingga saat kejadian sedang banyak pekerja. Diduga karena getaran kendaraan, tiba-tiba tebing itu mengalami longsor.

Beruntung, meski saat itu sedang banyak pekerja namun tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Saat itu para pekerja masih bisa berlari untuk menghindar, sehingga tidak sampai ada yang tertimbun. Hanya ada salah seorang pekerja yang terluka ringan akibat longsoran itu.

“Diduga longsor terjadi akibat getaran kendaraan. Karena waktu terjadi longsor siang hari dan tidak dalam kondisi hujan,” ucapnya.

Menurutnya, sejatinya di lokasi tersebut tengah dilaksanakan pengerjaan pembangunan penahan tebing dengan jumlah pekerja cukup banyak.

Pengerjaannya baru beberapa hari, karena dianggap lokasi itu rawan longsor.

Dari pengakuan para pekerja, sebelum terjadi longsor terdapat sebuah pertanda. Yakni berupa tanah yang gembur mulai berjatuhan sedikit demi sedikit.

Lama-lama, jatuhan semakib banyak sehingga para pekerja mulai menghindar menjauh dari lokasi.

“Sehingga saat tebing itu ambrol tidak sampai menimbun para pekerja. Adapun adanya yang terluka karena belum sempat menghindar,” tuturnya.

Dijelaskan Erus, kejadian itu mengganggu arua lalu lintas, karena tanah yang longsor persis di bibir jalan. Bahkan, berpotensi kembali terjadi longsor.

Kendaraan yang akan melintas sebaiknya ekstra hati-hati, atau kalau bisa menghindar untuk melintas jalur tersebut.

Memang saat ini telah diberi tanda dengan pemagaran, namun cukup mengkhawatirkan apalagi jika lewat dimalam hari, tak ada penerangan, lokasi longsornya pun terbilang ditempat sunyi.

Sebaiknya pengendara yang akan melintas ekstra hati-hati, atau menghindar melintas apalahi keyika hujan turun. Karena getaran kendaraan ditambah hujan turun akan berpotenai longsor kembali.

“Kami berharap ada penanganan secepatnya, jika dibiarkan takutnya jalan akan putus, apalagi jika hujan deras kembali terjadi, semakin parah,” ungkapnya. (Ema Rohima)***

Komentari