Herdiat Mengaku Akan Secepatnya Lakukan Perbaikan Pasar Yang Terbakar

CIAMIS, (KAPOL), – Bupati Ciamis H.Herdiat Sunarya meninjau lokasi Pasar Manis Ciamis yang dilanda kebakaran. Sedikitnya 10 kios berikut isinya hangus.

H. Herdiat mengaku akan secepatnya melakukan perbaikan supaya aktivitas pasar kembali berjalan dan perekonomian warga kembali normal.

“Secepatnya ini akan ditindaklanjuti, tapi sementara masih ditutup garis polisi. Jadi menunggu hasil investigasi dari pihak kepolisian, kalau sudah selesai langkah pertama dilakukan membersihkan puing-puing,” ujar Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya saat meninjau lokasi kebakaran, Rabu (26/6/2019).

H Herdiat berharap investigasi secepatnya diselesaikan, supaya kios bisa segera dibersihkan. Karena bukan hanya kios yang terbakar saja tapi ratusan kios yang tidak terbakar berada di dalam pasar blok b belum bisa berjualan karena masih ditutup.

“Hari ini masih ditutup, jadi kios di dalam belum bisa berjualan. Untuk perbaikan akan kita lihat lebih lanjut dibahas,” jelas H. Herdiat.

Ditanya terkait bantuan permodalan karena banyak pedagang yang rugi akibat dagangannya terbakar, Herdiat menyatakan akan membahasa hal tersebut, bila peraturan membolehkan.

“Bantuan permodalan, mudah-mudahan aturan, ketentuan membolehkan untuk membantu,” katanya.

Mengevaluasi pasca kebakaran melanda Pasar Manis Ciamis, Bupati menegaskan Kabupaten Ciamis idealnya butuh 10 armada pemadam kebakaran.

Saat ini Ciamis hanya punya 3 armada namun hanya 2 pemadam yang bisa beroperasi. Bupati akan mengkaji hal tersebut dan akan berupaya untuk pengadaan mobil pemadam kebakaran.

Seperti diketahui, saat terjadi kebakaran di Pasar Manis, armada dari daerah tetangga juga turut datang membantu pemadaman seperti Tasikmalaya dan Banjar.

“Harus ada penambahan idealnya 10 mobil dengan wilayah Ciamis yang luas ini. Sekarang kalau terjadi kebakaran lokasinya jauh dari perkotaan membutuhkan paling tidak satu atau dua jam. Akan evaluasi semua,” pungkasnya.(Yogi T Nugraha)***

Diskusikan di Facebook
Baca juga ...