IKLAN
LINIMASA

Hewan Kurban Sapi, Menjadi Primadona

image

TASIKMALAYA, (KAPOL).-
Menjelang Iduladha akhir September nanti, Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan menyatakan kesiapannya menghadapi kebutuhan dan permintaan hewan ternak di Kota Tasikmalaya.

Khusus untuk ternak sapi yang paling digemari masyarakat juga, pihaknya telah menyediakan di Idul Adha tahun 2015 ini sebanyak 2840 ekor. Dimana diantaranya, 568 ekor ternak sapi asal Kota Tasikmalaya, sementara pemasukan sebanyak 2272 ekor ternak sapi datang dari Luar Kota Tasikmalaya.

Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Tasikmalaya Ir. H. Deddy Supriadi MP mengungkapkan jika masih relatif rendahnya angka penyediaan lokal di Idul Adha kali ini, terkait usia hewan ternak yang belum layak atau cukup umur.

“Sebetulnya produksi sapi di Kota Tasikmalaya secara keseluruhan ada sekitar lebih dari 2000 ekor yang tersebar, namun karena didalamnya terdapat berbagai varian usia dan jenis kelamin.

Sehingga, yang baru bisa dinyatakan siap itu dari Kota Tasik hanya 568 ekor, kendalanya terutama ini di sapi ya, karena belum cukup umur, sehingga tidak bisa kami paksakan,” jelasnya kepada “KAPOL” yang ditemui di sela rapat koordinasi, di Kantor Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan.

Sisanya, kata Deddy juga, bisa digunakan selanjutnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat ke depannya. Mengingat betapa tingginya angka konsumsi sapi di Kota Tasikmalaya.

Menurutnya juga, permintaan akan ternak sapi ini setiap tahunnya terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Misalnya, untuk tahun 2013 tercatat sekitar 1700-an ekor, kemudian di 2014 meningkat untuk realisasi pemotongan sebanyak 1904 ekor.

“Tahun ini kami perkirakan kebutuhan ternak sapi di angka 2450 ekor, sehingga dengan total persediaan 2840 ekor ini masih relatif aman,” tambahnya. Dia menambahkan,

Sementara, untuk hewan ternak lainnya, yakni kerbau, domba, dan kambing dinyatakan persediaan juga aman.

Misalnya untuk kerbau, kebutuhan tahun 2015 diprediksi sebanyak 15 ekor, sementara penyediaan ada empat kali lipatnya yaitu 60 ekor. Meski demikian, di data realisasi tahun 2014, Deddy mengungkapkan untuk kerbau ada di nol ekor.

Sedangkan, untuk kambing yang realisasinya tahun lalu ada sebanyak 138 ekor, diperkirakan kebutuhan tahun ini menjadi 382 ekor. Pihaknya, telah menyediakan sebanyak 1400 ekor kambing.

Begitu juga dengan ternak domba yang tahun 2014 kemarin tercatat ada realisasi pemotongan sebanyak 323 ekor, diprediksi kebutuhan melonjak menjadi 576 ekor. Persediaan domba tahun 2015 ini ada di angka 5700 ekor.

Kekhawatiran para pedagang hewan ternak yang takut dagangannya tidak laku, diakui Deddy sangat wajar dan berlandas, jika mengingat perekonomian yang sedang goyah. Namun demikian, dia mengajak para pedagang untuk optimistis.

“Yang jelas, kami sangat menghimbau kepada para pedagang jangan menjadikan alasan fluktuasi ekonomi sekarang, sehingga mengeluarkan atau menyediakan ternak yang tidak sesuai,” katanya mengimbau.

Untuk itu juga, pihaknya tengah melakukan pengecekan titik-titik perdagangan. Sebab, dalam waktu dekat ini akan turun ke lapangan untuk studi kelayakan sekaligus pemberian tanda ternak yang aman dan sehat. Sehingga, dengan pemberian tanda tersebut artinya ditanggung keterjaminannya oleh pemerintah.

“Mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, kami juga himbau untuk masyarakat yang akan membeli, tidak tergiur dengan harga murah,” ujarnya di akhir wawancara. (Astri Puspitasari)

Komentari

IKLAN

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih Penanggungjawab: AS Wibowo
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top