oleh

HPS ke-39 Tingkat Jabar, Kota Banjar Raih 2 Penghargaan

BANJAR, (KAPOL).- Hal yang membanggakan kembali ditunjukan oleh Kota Banjar, pada perayaan Hari Pangan Sedunia (HPS) Ke-39 Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 yang kali ini diselenggarakan di Kabupaten Indramayu, berlangsung pada 2-4 Oktober 2019. Pada kesempatan itu, Kota Banjar meraih Adhi Karya Pangan Nusantara kategori Pelopor Ketahanan Pangan.

“HPS ke-39 Tingkat Jabar, Kota Banjar Raih 2 PenghargaanAdhi Karya Pangan Nusantara (APN), adalah penghargaan tertinggi di bidang ketahanan pangan, dimana pada tahun ini kita mendapat juara 2 kategori pelopor Ketahanan Pangan yang di raih oleh Ewon Rahwan dari Gapoktan Sugih Mukti, Desa Sukamukti,” ungkap Kepala Bidang Ketahanan pangan, Nanan Rohanan S.PKP, Rabu, (02/10/2019).

Sedangkan untuk lomba kelembagaan ketahanan pangan, dikatakan Nanan, Kelompok Tani Tunas Harapan meraih predikat juara 3 kategori Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) Tingkat Propinsi Jawa Barat.

“Masing masing pemenang selain mendapatkan tropi dan piagam juga mendapatkan hadian berupa uang pembinaan,” tuturnya.

Pagelaran HPS yang dipusatkan di Lapangan Atletik Sport Center Indramayu lewat tema yang diusung, Industri Realisasi Pangan Lokal Menuju Ketahanan Pangan Jawa Barat Juara 2023, dihadiri oleh Wagub Jabar, H. Uu Ruzhanul ullum.

“Untuk perwakilan di Kota Banjar, ada staff ahli, Kadis Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Banjar, serta jajaran Ketahanan Pangan,” terang Nanan.

Salah satu rangkaian kegiatan HPS tingkat Provinsi Jawa Barat yaitu stand pameran pangan Lokal dan olahan pangan yang diikuti oleh 27 kab/ kota se-jabar.

“Kota Banjar memamerkan komoditi Belimbing Madu, Labu Madu dan berbagai olahan pangan produk KWT, beras merah, beras hitam dan beras aromatik,” imbuhnya.

Diklaim Nanan, Komoditi belimbing madu menjadi komiditi yg paling laku dan dicari pembeli pada hari pertama.

“Belimbing Banjar mempunyai rasa yg khas dan manis sehingga laris dan dicari pembeli, Alhamdulillah langsung ludes terjual,” tambahnya. Menurut Nanan, dirinya berharap kedepannya Kota Banjar bisa dapat berprestasi lagi.

“Kegiatan Hari Pangan Sedunia tingkat Nasional akan dilaksanakan pada bulan November bulan mendatang, bertempat di Kendari Sulteng,” pungkasnya. (KAPOL)***

Foto | Dalam kegiatan HPS ke 39 tingkat provinsi Jabar, Kota Banjar mendapatkan 2 penghargaan, diantanya juara 2 kategori pelopor Ketahanan Pangan, juara 3 kategori Lumbung Pangan Masyarakat (LPM). Kegiatan HPS 39 kali ini, diselenggarakan di Kabupaten Indramayu, berlangsung pada 2-4 Oktober 2019.

Komentar

News Feed