Hutbun dan KNPI Bergandengan Tangan Tanam Pohon Aren

image

PADAKEMBANG, (KAPOL).-
Kondisi alam Kabupaten Tasikmalaya terbilang cukup memprihatinkan. Banyak hutan-hutan yang mulai gundul. Kesadaran masyarakat untuk menjaga dan merawat lingkungan juga terbilang masih rendah.

Kondisi ini tentu berdampak negatif bagi masyarakat. Bahkan saat ini Kabupaten Tasikmalaya jadi salah satu daerah rawan bencana tanah longsor dengan tingkat kerawanan nomor dua se Provinsi Jawa Barat.

Sebagai bentuk kampanye kesadaran lingkungan sekaligus peringatan Hari Bakti Rimbawan, Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Tasikmalaya menggelar acara penanaman pohon aren masal, Jum’at (08/04/2016) pagi tadi. Pada acara yang dilaksanakan di Citiis Padakembang Kabupaten Tasikmalaya, Dishutbun menggandeng berbagai elemen masyarakat. Termasuk juga DPD KNPI Kabupaten Tasikmalaya dan organisasi-organisasi pecinta lingkungan yang ada di Kabupaten Tasikmalaya.

“Kita pilih aren karena pohon aren memiliki daya tampung terhadap airnya cukup banyak jika di bandingkan dengan pohon yang lainnya,” kata Kepala Dishutbun Kabupaten Tasikmalaya, Heri Sogiri.

Heri menambahkan ada puluhan bibit pohon aren yang siap di tanam di lokasi tersebut. Tidak hanya aren, kata Heri, bibit pohon yang lainnya juga ada. Seperti pohon mahoni, albasiah dan lain sebagainya.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Tasikmalaya, Nana Magadir mengapresiasi kegiatan tersebut. Nana mengatakan KNPI merasa perlu turut serta aktif dalam kegiatan tersebut.

“Masalah kerusakan alam itu tanggung jawab kita bersama. Semua elemen masyarakat harus turut serta turun tangan menghadapi masalah ini,” kata Nana. (Imam Mudofar)

Komentari