Ida F Sobandi, Camat Pencetak Atlet Tinju Profesional

Binaannya, Dadang Rohmawan yang sekarang Anggota DPRD Sumedang

Ida Farida Sobandi, seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) lulusan APDN Tahun 1986, mengawali karirnya sebagai staf perwakilan kecamatan di Karawang.

Ida yang sekarang menjabat Camat Tanjungsari itu, dikenal seorang ASN yang juga seorang pelatih atlet tinju.

Beralasan, karena Ida merupakan anak HS Sobandi sebagai Ketua Pengda Pertina Jabar pada 1974 yang juga pemilik Sasana Tinju Braga, Kota Bandung.

“Saya lahir dan besar dari keluarga atlet tinju dan sudah banyak atlet tinju yang kami bina serta meraih juara di tingkat daerah, nasional dan internasional,” katanya.

Anak ke 2 dari enam bersaudara itu menyebutkan beberapa atlet tinju binaannya ada yang sudah berprestasi di tingkat internasional.

Diantaranya, Yopi Nanlohi, Husin, Ade Sukabumi, Sony Aladin, termasuk atlet dari Sumedang Antonius Soa, Supri dan Dadang Rohmawan yang sekarang anggota DPRD Sumedang.

Menurutnya, menggeluti dunia tinju
menghantarkannya menjadi pelatih teknis tinju dibeberapa sasana tinju.

Seperti, kata dia, Sasana Tinju Braga (Kota Bandung), Sasana Tinju Pertiwi (Kab. Bandung) dan Sasana Tinju Sumedang Tandang (Sumedang).

Ditanya soal karirnya di pemerintahan, Ida mengaku bisa lolos APDN melalui jalur prestasi bidang olahraga.

“Sebelum terjun ke tinju, saya menjadi atlet atletik dibawah binaan PASI Jabar,” ujarnya.

Ia pernah memecahkan rekor Porda Jabar pada kejuaraan atletik cabang olahraga tolak peluru lemparan enam meter, cakram dan lembing pada 1980.

“Bahkan, sewaktu remaja saya pernah juara renang ketika bergabung dengan club sentrum tirta merta, Kota Bandung,” katanya.

Camat yang juga turunan Garut – Tasikmalaya itu mengaku senang menjadi pelatih tinju.

Namun, kata dia, sekarang lebih suka menekuni olahraga ringan seperti tenis lapangan dan bulutangkis.

“Lebih senang ketika menjadi pelatih tinju, bisa merekrut minat dan bakat atlet selain melatih seseorang untuk jaga diri,” ucapnya.

Ia mengaku siap jika di Sumedang kembali diamanatkan menjadi pelatih tinju, mengingat Kota Tahu banyak potensi atlet tinju.

Ia mengatakan, ada hal yang dipadukan antara bertugas sebagai ASN dengan tinju, yakni penerapan disiplinnya.

Ida yang juga istri dari M. Hanafi (Kesbangpol Pemprov Jabar) itu, dikaruniai tiga anak diantaranya Yayu Milda Sobandi dan Resta N Sobandi.

Perjalanan karir Ida, lulus APDN pada 1986, staf perwakilan Kec. Talagasari Kab. karawang pada 1989 hingga menjadi staf, MP dan Kaur di Kec. Cikeruh.

Kemudian, Ida menjabat Kasubag Pendudukan Didsuk tahun 1990, Camat paseh 2000-2014, Camat Rancakalong 2004-2007, Kabid Rehabilitasi Dinsos 2007, Kabag LH 2009, Kabid Keluarga Sejahtera Dinas KB, Kabid di Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa pada 2010.

Selanjutnya, menjadi Kabid di BPMPD, Sekdispora, Camat Jatinangor 2015-2016, Sekdis BPMPD dan sekarang Camat Tanjungsari. (Devi Supriyadi)***