All for Joomla All for Webmasters
IKLAN
EKBIS

Iduladha Tahun Ini, Pedagang Sapi Ketar-ketir

image

KAWALU, (KAPOL),-
Pemandangan lumrah menjelang Iduladha sudah mulai tampak.  Pedagang sapi musiman mulai kelihatan di beberapa sudut ruang. Hampir di setiap titik di sepanjang jalan Protokol dan jalan utama di Kota Tasikmalaya bermunculan tenda-tenda pedagang sapi musiman. 

Salah satu pedagang sapi musiman yang tiap tahunnya membuka lapaj di kawasan Cisumur Kota Tasikmalaya, H. Ade Memet mengatakan, musim penjualan sapi tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Lapaknya sepi pembeli. Penyebabnya karena harga beli sapi tinggi. Sedang kemampuan daya beli masyarakat menurun. Imbasnya, penjualan sapi pun turut menurun.

“Selain itu banyak lahan kering. Akhirnya pakan sapi juga jadi susah,” kata Ade, Senin (7/9/2015) siang.

Akhirnya para pedagang ternak sapi musiman harus membeli singkong dan dedak untuk pakan sapi-sapi mereka. Saat ini para penjual harus mengeluarkan biaya tambahan yang lebih mahal. Sebab pakan sapi saat ini menggunakan singkong dan dedak.

“Harga singkong dan dedak sudah menyentuh angka Rp. 3000 per kg. Bahkan padi yang gagal panen kami beli untuk pakan dengan harga Rp 150.000 per 100 bata,” imbuhnya.

Menurut warga asal Kec. Cibalong Kab. Tasikmalya tersebut, Selama 18 tahun dirinya  berjualan sapi di Cisumur Kota Tasikmalaya baru tahun ini penjualannya sangat menurun derastis. Tahun sebelumnya ia bisa menjual sekitar 170 ekor sapi. Tapi sekarang dari 50 ekor sapi yang ia pajang masih terdapat banyak sisa.

Tahun ini, harga sapi kurban lokal  dijual dikisaran Rp 16 juta perekor, sementara sapi campuran impor Rp 30 juta per ekor. (Imam Mudofar)

Komentari

IKLAN
Komentari

Komentari

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih Penanggungjawab/Pemimpin Redaksi: Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Komunikasi Bisnis, Promosi, dan Iklan : Nova Soraya
Wartawan : Ibnu Bukhari, Erwin Widyagiri (Kota Tasikmalaya); Imam Mudofar, Aris M. Fitrian (Kabupaten Tasikmalaya); Ai Setiadi (Tasik Selatan); Jujang (Kabupaten Ciamis); A. Hendy, Dindin Herdiana (Kabupaten Garut); Agus Kusnadi, M. Jerry (Kabupaten Pangandaran); Azis Abdullah, Nanang Sutisna (Kabupaten Sumedang);

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

Atas