Iing Syam Arifin : Bendungan Leuwi Keris, Bisa Tingkatkan Ekonomi Warga

CIAMIS, (KAPOL).- Calon Bupati Ciamis nomor urut 2, H. Iing Syam Arifin menyebut, pembangunan bendungan Leuwi Keris di Desa Handapherang dan Ciharalang kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis merupakan bentuk keseriusan pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani khususnya wilayah Ciamis selatan.

“Alhamdulillah tahun 2016 pembangunan bendungan Leuwi Keris ini terealisasi berkat dorongan pemerintah daerah ke pusat, dan bendungan Leuwi Keris merupakan salahsatu bendungan terbesar yang dibangun Presiden Jokowi,” terang Iing Syam Arifin dihadapan jamaah yang hadir saat kegiatan pengajian Isra Mi’raj di halaman Madrasah Diniyah Al Hidayah Guha RT 22 RW 09 desa Handapherang Jumat (13/4/2018).

Kata Iing, bendungan Leuwikeris disiapkan untuk penyediaan air irigasi areal sawah di Lakbok Utara seluas 6.600 hektare dan Bendungan Manganti seluas 4.616 hektar.

“Manfaat lain adanya bendungan ini yaitu untuk menyediakan air baku di Kabupaten Ciamis , Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Banjar sebesar 845 liter per detik, jadi nanti tidak ada istilah warga Ciamis yang kesulitan mendapat air,” jelasnya.

Namun demikian lanjut Iing, masyarakat Guha Handapherang yang lokasinya sangat berdekatan atau bahkan terdampak bendungan Leuwi Keris, pembangunan bendungan yang dapat menghasilkan listrik sebesar 20 megawatt ini menjadi barokah bagi warga sekitar.

Selain kemarin mendapatkan uang ganti rugi yang luar biasa, juga nantinya keberadaan bendungan akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat lewat potensi wisata, perikanan rakyat dan ekonomi kreatif.

“Tentu kita pemerintah daerah akan mendukung masyarakat Ciamis khususnya warga sekitar bendungan agar bisa meningkat dalam segi ekonomi, banyak potensi yang bisa digali, apalagi Dusun Guha ini merupakan wajah dari bendungan Leuwi Keris,” katanya.

Sebagai Bupati Ciamis yang akan aktif lagi nanti pada 23 Juni 2018 pasca masa kampanye, H Iing akan memaksimalkan potensi wisata bendungan Leuwi Keris sungai Citanduy ini.

“Tentu pemda sudah membuat kajian dan perencanaan terkait tata ruang bendungan Leuwi Keris termasuk didalamnya lokasi yang potensial untuk menjadi sumber pendapatan masyarakat lokal, kita ingin masyarakat lah yang harus menikmati manfaat adanya bendungan ini,” ujarnya.

H Iing menambahkan, pembangunan bendungan Leuwi Keris ditargetkan selesai tahun 2020, tahun 2021 mulai digenangi air dan tahun 2022 bendungan Leuwi Keris sudah penuh dan tergenang.

Tokoh masyarakat Dusun Guha Desa Handapherang H Dadang Sudrajat mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Bupati Ciamis H Iing Syam Arifin yang telah mendukung dan mendorong pembangunan bendungan Leuwi Keris di wilayahnya.

“Karena memang pembangunan bendungan Leuwi Keris ini sangat banyak manfaatnya untuk masyarakat, utamanya kedepan akan banyak peluang usaha bagi masyarakat sekitar bendungan,” ujarnya.(Jujang)***

 

Komentari