IKLAN
HUMANIORA

Ini Dia Penampakan Suara Gaib di TL

INU BUKHARI/"KAPOL"*

INDIHIANG, (KAPOL).-Suara-suara gaib selalu terdengar di 27 titik persimpangan Kota Tasikmalaya. Mulai dari pagi, siang hingga malam hari. Bisikan kepada pengguna jalan yang melintas, ada pula yang melantunkan ayat-ayat suci Al Quran. Bisikan gaib tersebut tidak membuat suasana menjadi mencekam.

Para pengguna jalan yang melintas sekilas cuek-cuek saja. Sebab sebuah speaker yang menempel di Trafic Light (TL) menjadi sumber suara. Dan ternyata suara dari pegawai yang memantau ATCS (Area Trafic Control System) di ruang kontrol di Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya.

“Semua bisa dikontrol dari sini pak. Mau menggerakan kamera, ataupun memberikan pemberitahuan ke pengguna jalan. Alat yang terpasang di TL juga ada sensor antriannya, jadi bisa memerahkan atau menghijaukan lampu secara otomatis,” ujar salah seorang petugas ATCS Kota Tasikmalaya, Ulfa Azizah kepada KAPOL.

Almuni Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal tersebut mengatakan, beberapa informasi yang tersedia di TL diinput berdasarkan kebutuhan. Mulai dari informasi kepadatan, ataupun sekadar himbauan semisal adanya operasi zebra agar penguna jalan menaati aturan.

“Kalau semisal ada angkot yang ngetem dan membuat kepadatan, kita prinsipnya hanya sebatas memberikan himbauan. Karena wewenang penindakan ada di kepolisian,” ujar rekannya, Fiqri Azis.

Keberadaan ATCS tersebut juga setidaknya dapat membantu pengguna jalan untuk melihat kondisi ruas jalan dari kamera yang terpasang. Ia mengatakan, melalui internet informasi-informasi tersedia dan dilengkapi dengan video sesuai dengan kondisi ril.

“Petugas yang memantau dan memberikan himbauan, ada empat. Dan waktunya dibagi-bagi untuk melayani masyarakat,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya, Aay Zaini mengatakan, perangkat ATCS ini juga memiliki sistem server work station berfungsi sebagai pusat operasional untuk memonitor dan mengontrol kondisi lalu lintas dari seluruh persimpangan dalam satu area, wall map berfungsi menyediakan informasi status dan kondisi dari sebuah persimpangan, CCTV serta vehicle detector.

“Jalur padat mendapat prioritas jalan sehingga situasi arus lalu-lintas bisa terkendali dan terhindar dari kemacetan atau antrian panjang. Perangkat ini juga bisa memberikan prioritas pada kendaraan khusus seperti pemadam kebakaran, ambulance, VVIP maupun konvoi,” katanya. (Inu Bukhari)***

Komentari

IKLAN
IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih Penanggungjawab: AS Wibowo
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top