IKLAN
INFRASTRUKTUR

Jalan Pintas ke Cirebon, Pangkas Jarak 30 km

Menuju Cirebon via Jahim

Menuju Cirebon via Jahim

[dropcap color=”#888″ type=”square”]J[/dropcap]IKA satu hari Anda dari Tasikmalaya ada keperluan ke Cirebon, Kuningan atau Majalengka di Jawa Barat. Cobalah lewat Jahim, Sukamantri seperti yang KAPOL lakukan, Sabtu (25/7/2015).

Kondisi jalannya lumayan mulus, jaraknya lebih dekat 30 km dibanding lewat jalan biasa.

Dari Kota Tasik, rutenya bisa melalui Indihiang, Jl. Bojong Jengkol lalu belok kiri di Jl. Cihaurbeuti. Saat melaju di jalur ini, perhatikan petunjuk arah. Jika menemukan rambu belok kanan ke arah Panumbangan, arahkan kendaraan Anda ke jalan ini.

Di Panumbangan jangan lupa belok kanan ke arah Panjalu (kalau ke kiri itu ke Pamoyanan, Gentong). Sekitar 3 km sebelum Kota Panjalu perhatikan rambu belok kiri ke arah Sukamantri. Nah dari sini terus saja bablas naik perbukitan Jahim yang ditumbuhi pohon pinus.

Sampai bertemu jalan provinsi Ciamis-Cirebon, tepatnya di daerah Sawahlega, Cikijing, Kab. Maalengka, jangan lupa belok kiri ke arah Cikijing. Di pusat Kota Cikijing akan berjumpa pertigaan. Silahkan pilih. Jika tujuannya Majalengka, belok ke arah kiri. Sedangkan ke Kuningan dan Cirebon belok ke kanan.

Sebagai gambaran, jarak Tasik-Cikijing lewat Ciamis, Kawali, Panawangan (jalan biasa) sekitar 80 km. Sedangkan lewat Sukamantri dan Jahim, spedometer mobil yang KAPOL tumpangi (awal berangkat dari Tasik distel ke 0) menunjukan angka 47, 7 atau hanya 50 km saja. Kondisi jalan bervariasi ada hotmix, beton dan aspal biasa.

Memang ada total 2 km yang masih dalam perbaikan yakni di Desa Sukamantri Kab. Ciamis dan Desa Manis, Kab. Majalengka. Selebihnya lancar jays.

Namun karena jalan tidak terlalu lebar dan minim penerangan, pengendara harus hati-hati jika berpapasan dengan kendaraan lain. Dan jangan lupa isi bensin dulu di SPBU Panumbangan karena ketemu lagi SPBU hanya ada di Cikijing.

Waktu tempuh, lewat Jahim bisa menghemat minimal 30 menit lebih cepat. Anda ingin mencoba? (Zair Mahessa)

Komentari

IKLAN

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih Penanggungjawab: AS Wibowo
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top