IKLAN
BIROKRASI

Jatinangor Diusulkan Miliki Kawasan Pemerintahan Kecamatan Terpdu 

JATINANGOR,  (KAPOL).- Usulan pembangunan kawasan pemerintahan kecamatan terpadu di Jatinangor,  sudah diajukan Pemkab Sumedang melalui Kec.  Jatinangor ke Pemprov Jabar.

Berkas usulan tersebut, sudah diterima langsung oleh bagian aset di Pemprov Jabar, pada Mei 2017 lalu.

“Alhamdulillah,  Pemprov Jabar cukup merespon baik usulan itu,  bahkan segera menerjunkan tim untuk melakukan survei, ” kata Camat Jatinangor,  Hj. Idah Khoeriyah kepada KAPOL, Senin (17/7/2017).

Sekarang, kata dia,  bagian aset provinsi sedang melakukan pendataan.

“Kita usul lahannya diberikan oleh bagian aset sekira 20 Hektare dan pembangunannya pun sudah dipertimbangkan oleh Pemkab,” kata Idah.

Jika terealisasi,  kata dia, pusat pemerintahan kecamatan itu nantinya akan lengkap,  di sana meliputi kantor kecamatan,  kantor dinas/badan, KUA,  Mapolsek, Makoramil,  alun alun dan masjid besar.

Dalam perjalanan,  kata dia, memang ada sedikit kendala diantaranya benturan dengan Perda Provinsi Jabar Nomor 11 Tahun 1992 tentang penataan tanah bekas perkebunan Jatinangor.

Dalam perda itu,  kata dia,  tak tercantum lahan tersebut untuk bisa digunakan pusat rekreasi Kab. Sumedang atau secara khusus diantaranya sebagai tempat pendidikan.

“Solusinya,  kita melakukan pendekatan dan lobi ke beberapa perguruan tinggi di Jatinangor,  semisal agar ikut mendorong ke jalur kementerian, ” katanya.

Semoga,  kata dia,  pola tersebut membuahkan hasil dan Jatinangor pun segera memiliki kantor pemerintahan yang optimal.

Dikatakan,  kantor kecamatan yang ada sekarang,  kurang refresentatif dan harus sesuai dengan pesatnya pertumbuhan penduduk dan pembangunan di Jatinangor.

“Jatinangor sebagai etalase Sumedang,  dianggap tepat jika tempat pelayanan pemerintahannya optimal yang juga ditunjang sarana publik, ” kata Idah.

Pemkab Sumedang,  kata dia, sebelumnya sudah ada rencana melakukan penataan wilayah di kecamatan,  diantaranya Jatinangor.

“Semoga,  jika rencana itu terealisasi,  bisa disondingkan dengan dukungan penuh dari Pemkab soal pembangunan pusat pemerintahan kecamatan,” ujarnya.(Azis Abdullah) ***

Komentari

IKLAN
IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Aditya Hiracahya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Redaktur : Abdul Latif
Wartawan : Jani Noor, Imam Mudofar, Azis Abdullah, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top