Jokowi-Ma’ruf Unggul Tipis Di Kalangan Pengguna Medsos

Instagram dan Twitter Prabowo-Sandiaga Unggul

JAKARTA, (KAPOL).- Pasang Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden, Jokowidodo-KH Ma’ruf Amin unggul tipis di kalangan pengguna Media Sosial (Medsos). Jokowi-Ma’ruf 48,3 persen, sementara Prabowo-Sandiaga 39,5 persen.

Demikian disampaikan Direktur Cikom LSI, Toto Izzul Fatah kepada “KAPOL” melalui rilisnya, Rabu, 5 September 2018.

Menurut Toto, ada tiga alasan mengapa keunggulan Jokowi-Ma’ruf begitu tipis dengan Prabowo-Sandiaga. Pertama bahwa mayoritas pengguna medsos lebih terinformasi dan lebih kritis terhadap kekuasaan, kedua kepuasan pengguna medsos terhadap Jokowi lebih kecil dibandingkan yang tidak menggunakan medsos, serta ketiga tagline #2019GantiPresiden lebih banyak disukai oleh pengguna medsos.

“Maka unggul tipis meski ada 12,2 persen pengguna medsos belum menentukan pilihan,” kata Toto melalui Whatsap.

Meski demikian, untuk pilihan bukan pengguna sosial jarak Jokowi-Ma’ruf dengan Prabowo-Sandiaga cukup jauh. Jokowi-Ma’ruf 53,7 persen dan Prabowo-Sandiaga 25,5 persen dengan yang masih menyatakan rahasia sebesar 20,8 persen.

Mengenai segmen pengguna sosial, Toto membagi enam bagian yang antara lain segmen agama, ormas Islam, pendapatan, pendidikan, umur dan gender.

Pada segmen Agama Islam, Jokowi-Maruf 45,6 persen, sementara Prabowo-Sandiaga 41,4 persen dengan yang belum memilih 13,0 persen. Adapun segmen non Agama Islam, Prabowo-Sandiaga unggul 72, 7 persen dan Jokowi-Ma’ruf 21,2 persen dengan yang belum memilih 6,1 persen.

Untuk segmen Ormas Islam, pendukung NU, Muhammadiyah dan mengaku bukan bagian ormas manapun lebih cenderung ke Jokowi-Ma’ruf. Sementara pendukung 212 dan ormas lainnya ke Prabowo-Sandiaga.

Adapun jenis media sosial yang dipakai adalah Facebook, Instagram dan Twitter dengan rincian di pengguna Facebook bahwa Jokowi-Ma’ruf 41,6 persen sementara Prabowo-Sandiaga 39,4 persen dengan yang belum menentukan pilihan 19,0 persen.

Di Instagram Jokowi-Ma’ruf kalah dengan 40,9 persen, sementara Prabowo-Sandiaga 42,0 persen dengan yang belum memilih 17,1 persen. Sementara di Twitter Jokowi-Ma’ruf pun kalah dengan 34,3 persen, sementara Prabowo-Sandiaga 40,0 persen dengan yang masih mengaku rahasia 25,7 persen.

Pengumpulan data survei dilakukan 12-19 Agustus 2018 dengan metode multisage random sampling. Jumlah respon sebanyak 1.200 melalui tekni wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner dengan margin eror 2,9 persen. (JN)

Komentari