All for Joomla All for Webmasters
IKLAN
BIROKRASI

Jurnalis Dorong Birokrasi yang Sehat

image

JATINANGOR, (KAPOL).- 
Awak media yang tergabung dalam Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Jawa Barat dan Forum Komunikasi Wartawan Sumedabg (FORKOWAS), menggelar seminar bertema Birokrasi Proinvestasi di aula Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang, Kamis (17/9/2015). 

Acara itu hasil kerjasama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Ketua PJI Jabar Iwa Ahmad Sugriwa mengatakan acara itu membahas berbagai permasalahan pelayanan perizinan yang masih rumit dilingkungan birokrasi.

“Selama ini masih banyak dikeluhkan terkait birokrasi bahkan tentang banyaknya pungutan liar di kalangan itu,” kata Ketua PJI Jabar Iwa Ahmad Sugriwa.

Kegiatan tersebut menghadirkan Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB Mirawati Sudjono, Kepala Badan Perizinan dan Penanaman Modal Terpadu Provinsi Jabar, Dadang Masoem, perwakilan PNS Provinsi dan Pemkab Sumedang serta pengusaha.

“Kita jurnalis ingin mencarikan solusi agar pelayanan publik di pemerintahan dapat dijalankan dengan baik,” ucapnya.

Selain itu Iwa menyebutkan, diharapkan kegiatan itu bisa menambah wawasan yang dimiliki para wartawan untuk menunjang kinerjanya dalam melaksanakan tugas secara profesional.

Sementara itu, menurut Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB Mirawati Sudjono mengatakan, sudah saatnya pemerintah sebagai pelayan publik memberikan kemudahan dan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Ia menyampaikan, pelayanan publik itu sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 25/2009 yang didalamnya ada sanksi bagi aparatur tidak melayani masyarakat.

Diharapkan, kata dia, upaya mewujudkan pelayanan publik itu mendapatkan dukungan dari masyarakat dengan selalu kritis dan aktif untuk melaporkan setiap bentuk pelayanan yang merugikan.

“Masyarakat diharapkan pro aktif mengadu, dan birokratnya harus respon, kalau tidak ada yang mengadu bagaimana atasannya tahu,” ujarnya.

Gubernur IPDN Prof Dr Ermaya Suradinata M.Si melalui Adm. Umum dan keuangan Drs Benhard Rondonuwu, MS.i Mendukung kiprah siapapun termasuk wartawan yang tujuannya untuk peningkatan kompetensi kinerja aparat pemerintahan agar pelayanan berjalan dengan baik.

“Kami, civitas akademika IPDN mendukung penuh kiprah PJI Jabar dan Forkowas dalam seminar ini,” tuturnya.Ini sebuah bukti, bahwa IPDN memiliki keterbukaan bagi sapa saja yang memiliki niatan untuk meningkatkan kapasitas kinerja pelayan publik. (Nanang/Azis)

Komentari

IKLAN
Komentari

Komentari

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih Penanggungjawab/Pemimpin Redaksi: Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Komunikasi Bisnis, Promosi, dan Iklan : Nova Soraya
Wartawan : Ibnu Bukhari, Erwin Widyagiri (Kota Tasikmalaya); Imam Mudofar, Aris M. Fitrian (Kabupaten Tasikmalaya); Ai Setiadi (Tasik Selatan); Jujang (Kabupaten Ciamis); A. Hendy, Dindin Herdiana (Kabupaten Garut); Agus Kusnadi, M. Jerry (Kabupaten Pangandaran); Azis Abdullah, Nanang Sutisna (Kabupaten Sumedang);

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

Atas