Juru Kunci dan Juru Pelihara Situs, Dibina

CIAMIS, (KAPOL),- Dinas Kebudayaan dan Olahraga kabupaten Ciamis melaksanakan program kegiatan pembinaan juru kunci dan juru pelihara, Kamis (28/02/2019) di hotel Priangan.

Kabid kebudayaan, Drs. Dede Hermawan MM didampingi Kasi Cagar Budaya dan Permusiuman, Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Ciamis, Tetet Widianti MM menjelaskan tujuan diadakan pembinaan ini karena juru kunci dan juru pelihara itu bekerja di lapangan yang perlu pencerahan dan wawasan yang lebih luas,”ujarnya.

“Kami sekarang menghadirkan 3 narasumber diantaranya dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB), Polres Ciamis dan MUI karena ke 3 unsur itu bisa menambahkan wawasan terkait pemeliharaan situs atau peninggalan sejarah dengan baik, bisa mengetahui aturan undang-undang terkait cara pemeliharaan situs agar tidak melanggar aturan dan bisa mengetahui wawasan norma agama,”paparnya.

Di kabupaten ciamis ada 360 juru kunci dan juru pelihara namun yang sudah tercatat baru 200 juru kunci dan juru pelihara. Untuk tahap pertama yang di undang untuk pembinaan hanya 110 juru kunci dan juru pelihara.

Tugas pokok dan fungsi sebagai juru kunci dan juru pelihara keduanya diharapkan memgetahui undang-undang yang perlu diterapkan dalam pelaksanaan tugas dilapangan, dan mengetahui Undang-Undang nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya, mengatur tentang pekerjaan dan mengetaui aturan dan larangannya.

Lanjut Dede, kami juga undang BPCD tujuannya untuk memberikan materi khusus Bagaimana cara memelihara benda-benda pusaka yang ada di situs,”kata Dede.

Dede berharap kedepan para juru kunci dan juru pelihara mengetahui cara memelihara benda-benda cagar budaya situs di Ciamis berdasarkan norma-norma agama,” pungkasnya.(Yogi T Nugraha)***

Diskusikan di Facebook