Kampung Nusantara, Buat Wisatawan Penasaran

PARIGI, (KAPOL).-Para pengunjung  yang datang ke kampung Nusantara dimanjakan dengan suasana yang khas perkampungan.

Mereka bisa merasakan bagaimana nikmatnya tinggal di sebuah perkampungan yang berbeda dengan kampung lainya di Nusantara.

Kampung Nusantara merupakan program inisiatif masyarakat di Dusun Cikubang, Desa Cintakarya, Kecamatan Parigi. Para pengunjung bila menginap dapat langsung berinteraksi dengan warga sekitar.

Penggagas Kampung Nusantara, Ai Nurhidayat mengatakan Kampung Nusantara adalah program inisiatif masyarakat yang terintegrasi dengan program Kelas Multikultural. Kampung ini mengusung semangat persatuan dalam keberagaman.

“Di kampung ini, relawan dan wisatawan dapat berinteraksi dan mengikuti aktivitas warga secara langsung,” ungkapnya Selasa (5/2/2019).

Menurutnya, perkampungan yang berada di Kabupaten Pangandaran ini menawarkan wisata edukasi dengan harga sangat terjangkau. Para wisatawan yang datang bisa menginap di rumah warga yang sudah didesain khusus bertema Nusantara.

“Sebanyak 32 rumah warga yang dijadikan home stay dengan lukisan pemandangan indah didinding depan rumah,”tuturnya.

Selanjutnya sejak berdirinya Kampung Nusantara Januari 2018 lalu sudah ada kunjungan sekitar 1.500 wisatawan. Umumnya wisatawan yang datang rombongan dari kota untuk program bakti sosial di Pangandaran rata-rata mahasiswa dan pelajar.

“Wisatawan yang akan menginap hanya cukup membayar Rp 100.000,-/malam sudah termasuk makan tiga kali,”tambahnya. (M. Jerry)***