Kapolda Jabar Dan Pangdam III Siliwangi Cek Kesiapan Pemilu Di Kota Tasikmalaya

CIHIDEUNG, (KAPOL).- Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si bersama Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Tri Suwandono, laksanakan pemantauan ke Kota Tasikmalaya dalam rangka kesiapan Pemilu Pilpres dan Pileg 2019 yang tinggal tiga hari lagi. Kunjungan Kapolda Jabar dan Pangdam III Siliwangi tersebut dilakukan Pos Pengaman Terpadu Pileg dan Pilpres Taman Kota Adipura Kota Tasikmalaya, Minggu (14/4/2019). pukul 11.15 Wib.

Pengecekan Kesiapan Pos Pengamanan Terpadu Pileg dan Pilpres Tahun 2019 itu, Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto membonceng Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono mengendarai motor melaksanakan pengecekan pospam Pemilu 2019 di Kota Tasikmalaya.

Dua orang nomor satu di Polda Jabar dan Kodam III/Siliwangi itu mengecek beberapa pos pengamanan (pospam) Pileg dan Pilpres 2019.

Selain Kapolda dan Pangdam, pengecekan juga diikuti oleh Wakapolda Jabar Brigjen Akhmad Wiyagus, Kasdam Brigjen TNI Dwi Jatiutomo, S.Ip, M.Tr didampingi PJU Polda Jawa Barat dan PJU Kodam III Siliwangi.

Kedatangan rombongan disambut langsung oleh Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Febry Kurniawan Ma’ruf, Walikota Tasikmalaya H.Budi Budiman beserta Dandim 0612 Tarumanagara Letkol Inf. Nur Achmad, Kapolres Tasikmalaya Kabupaten AKBP Doni Eka Putra, Waka Polres Tasikmalaya Kota Kompol Widi Setiawan serta PJU Polres Tasikmalaya Kota dan PJU Kodim 0612 Tarumanagara Tasikmalaya.

Kapolda Jabar beserta rombongan menyalami seluruh personil gabungan yang siaga di Pospam Terpadu yang terdiri dari TNI, Polri, Dishub, Sat Pol Pp. Damkar dan Linmas dan dilanjutkan dengan pemberian bingkisan kepada perwakilan personil yang di tunjuk dari masing masing Kesatuan, Dinas Instansi dan Linmas.

Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan, Pileg dan Pilpres 2019 merupakan puncak pesta demokrasi. TNI-Polri berkomitmen untuk mengawal dan mengamankannya.

“Pengamanan pun kami maksimalkan. TNI-Polri menjamin keamanan proses demokrasi tersebut. Jangan sampai ada intimidasi,” katanya.

Agung juga meminta kepada masyarakat untuk kembali menghidupkan sistem keamanan lingkungan (siskamling) demi keamanan pemilihan umum berjalan lancar dan aman. Karena dengan siskamling masyarakat bisa lebih mengoptimalkan interaksi sosial yang terkadang terlupakan.

“Misalnya, jika siang bekerja, di malam hari lah interaksi sosial ini bisa terjadi. Jadi justru dengan siskamling bisa mempererat persaudaraan di masyarakat. Masyarakat pun bisa saling menghargai dan menghormati lewat siskamling ini,” ujarnya.

Dengan pengaktifan kembali siskamling, kata Agung, dapat membantu pengamanan yang dilakukan oleh TNI dan Polri. Masyarakat juga bisa menikmati proses demokrasi dengan cara yang baik. “Tidak ada unsur paksaan dalam demokrasi. Masing-masing masyarakat bebas menentukan pilihannya,” katanya.

Kapolda menambahkan, Sesuai dengan pentahapan Pemilu, hari ini mulai tadi malam 24.00 sudah minggu tenang. Karena itu, pihaknya bersama Pangdam melaksanakan kontrol dan patroli gabungan.

“Intinya memberikan rasa aman dan nyaman selama proses demokrasi ini sampai dengan selesai. Kita juga monitor hari ini sudah mulai pelepasan APK. Tadi sama monitor di Tasikmalaya juga sudah, dari Bawaslu dan Pol PP. Di garut juga dikerjakan. Jadi kita pastikan pesta demokrasi seusai dengan rencana,” katanya.

Kesiapan pengamanan sudah dilaksanakan dan gelar pasukan. “Setiap polres saya perintahkan mapping. Intinya tidak boleh underestimate. Setiap TPS ada permasalahan kecil, segera ditangani, lakukan problem solcing sehingga tak meluas,” ujarnya.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono mengajak seluruh komponen masyarakat bersama-sama menjaga kondusivitas wilayah agar pada pelaksanaan Pilpres dan Pileg tanggal 17 April 2019 nanti dapat berjalan dengan lancar, aman, nyaman dan damai.

Rombongan Kapolda dan Pangdam III Siliwangi menyempatkan solat zuhur berjamaah di Masjid Agung Kota Tasikmalaya dan bertemu dengan Dewan Kesejahteraan Masjid Agung Kota Tasikmalaya. Selanjutnya Kapolda beserta Pandam take off meninggalkan Kota Tasikmalaya. (Erwin RW)***