Karyawan Toserba Peringati Hari Buruh

CIAMIS (KAPOL),- Memperingati Hari buruh Internasional (May Day) 1 Mei, puluhan karyawan toko serba ada (Toserba) melakukan aksi bakti sosial bersih-bersih jalan sekitaran perkotaan Ciamis Selasa (1/5).

Juga para karyawan toserba ini melakukan deklarasi anti hoax.

Kegiatan ini juga didampingi puluhan polwan dari Polres Ciamis yang turut berpartisipasi bersih-bersih, selain melakukan antisipasi dan penjagaan di hari buruh internasional.

Bahkan Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso turun langsung ikut aksi bakti sosial.

Perwakilan Toserba Bambang menuturukan kegiatan bersih-bersih tersebut merupakan agenda tahunan dalam rangka memperingati hari buruh internasional di area toko, sekitaran toko dan jalan protokol.

Pihak toserba mencoba merangkul karyawan melakukan aksi sosial dengan membersihkan lingkungan, selain itu juga melakukan senam bersama.

“Aksi ini kami lakukan bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan agar bersih dari sampah, kami ingin menunjukan kepedulian terhadap lingkungan, mendekatkan karyawan dengan lingkungan,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang karyawan supermarket Nining Widaningsih mengatakan  aksi bersih-bersih tersebut merupakan kegiatan yang sangat positif. Daripada melakukan aksi demonstrasi.

“Bukan karyawan kami saja yang bersih-bersih tapi karyawan seluruh toko di wilayah kota ikut bersih-bersih,” Ungkapnya.

Di hari buruh ini, Nining berharap Pemerintah lebih memperhatikan para buruh dan karyawan, terutama masalah kesejahteraan. Diharapkan pemerintah mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang mendukung kaum buruh.

Sementara itu, Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso mengatakan kegiatan peringatan May Day di Ciamis berjalan kondusif, tidak ada aksi demonstrasi maupun yang berangkat ke Jakarta untuk melakukan aksi.

“Aksi May Day Humanis, May Day yang Fun Day artinya aksi yang bermanfaat untuk masyarakat bersih-bersih lingkungan. Untuk pengamanannya kita siagakan anggota bekerjasama dengan TNI Kodim dan dari Satpol PP,” jelasnya.

Menurut Bismo, di Ciamis ini ada lima titik para buruh bekerja terutama di wilayah Cikoneng yang merupakan industri makanan ringan dan di wilayah Cijeungjing terdapat pabrik kayu dan bulu mata.

“Setelah ini kami akan melakukan patroli di beberapa titik untuk memastikan May Day di wilayah Ciamis berjalan kondusif,” pungkasnya.(Yogi T Nugraha)***

Komentari