Kelapa Muda Bakar, Kuliner Khas Taman Pananjung

PANGANDARAN, (KAPOL).-Setelah dibukanya tempat jajanan atau kuliner malam di depan taman pasar Pananjung, para pengunjung dengan leluasa untuk memilih makanan yang disukainya.

Tapi ada salah satu kuliner lain dari yang lain yaitu Kelapa Muda Bakar yang menjadi menu khas di tempat tersebut. Dan ini menjadi buruan para wisatawan.

Pedagang Kelapa Muda Bakar Febi (25) mengatakan Konon kelapa muda bakar diyakini mengandung khasiat yang dapat menyembuhkan bermacam penyakit dari asam urat, kolesterol, darah tinggi, kencing batu, ginjal hingga menghancurkan lemak.

“Saya menyediakan menu beda tersendiri dan harganya dapat terjangkau juga banyak khasiatnya bagi kesehatan,” ungkapnya Jumat (4/5/2018).

Menurutnya,  kelapa muda bakar yang dijajakan memiliki banyak pilihan rasa, mulai straubery milkysake, hazelnut, lemon tea, tai tea original dan green tea, taro, madu, leci begitu juga ada yang special ditambah dengan telur ayam kampung, madu dan susu.

“Kalau harga mulai dari Rp 10.000,- sampai Rp 22.000,- khusus yang special,” tuturnya.

Kelapa bakar merupakan buah kelapa hijau muda yang dibakar minimal tiga jam sampai air dalam buah kelapa mendidih. Untuk menikmati sajian kelapa bakar memang tidak ada aturan baku.

“Minuman kesehatan ini juga tidak mengenal batasan usia untuk mengkonsumsinya,” katanya.

Selanjutnya selama dalam konsumsi batas wajar, kelapa bakar minimal mampu menjaga kebugaran tubuh, minuman kelapa bakar memang tidak berbeda jauh dengan minuman kesehatan lain yang mengandalkan rempah.

“Tapi yang menjadi berbeda ketika menggunakan medium air kelapa sebagai sarana,” lanjutnya.

Salah satu pelanggan Supriatna (36) mengaku jika ia sengaja setiap malam rutin berkunjung ke tempat kuliner itu untuk minum kelapa bakar tersebut.

“Sejak suka minum kelapa bakar badan terasa segar terus dan stamina bertambah. Sejak dibuka saya rajin ke sini,” katanya. (M. Jerry/KAPOL)***