Kelelahan, Dua Ketua KPPS di Tasikmalaya Wafat Seusai Rekap Hasil Pemilu

SINGAPARNA, (KAPOL).-Diduga akibat kelelahan saat merekap hasil perhitungan suara, dua Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Tasikmalaya wafat di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Keduanya menghembuskan nafas terakhir seusai menjalankan tugas. Merekap hasil perhitungan surat suara Pemilihan Umum 2019.

Pertama, Ketua KPPS 11 di Kampung Cibaruleng, Desa Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang, Supriyanto, yang meninggal dunia sekitar pukul 14.00 WIB, Kamis (18/4/2019). Supriyanto diduga wafat akibat kelelahan setela bertugas menyelenggarakan pemilihan umum 2019 di kampungnya.

Selain kurang istirahat selama tiga hari terakhir, korban juga jarang pulang ke rumah hingga untuk keperluan konsumsi terpaksa diantar istri tercinta menuju TPS. Lokasi TPS yang jauh dari pusat kota membuat almarhum kerja keras mengawal proses distribusi logistik surat suara hingga perekapan hasil pencoblosan.

Sebelum wafat di TPS, sempat mengeluh pusing hingga muntah-muntah. Anak korban sempat mengira ayahnya masuk angin, namun pria yang sudah 25 tahun menjadi panitia pemilihan di TPS ini akhirnya wafat.

Kedatangan jenazah almarhum di rumah duka langsung disambut isak tangis keluarga. Bahkan istri korban nyaris jatuh pingsan tidak kuasa menahan kesedihan mendapati suami tercinta sudah tak bernyawa.

Kedua, ketua KPPS 2 Desa Mandalamekar Kecamatan Jatiwaras, H. Jeje, yang meninggal dunia pada Kamis (18/4/120) malam, sekitar pukul 21.50 wib di rumahnya kampung Cinangsi Dusun Cikurutug Desa Mandalamekar.

Ia pun sama meninggal dunia diduga karena kelelahan setelah lebih sehari semalam melakukan proses rekapitulasi perolehan suara di TPS-nya.

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Zamzam Jamaludin mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan laporan tentang meninggalnya dua orangketua KPPS di Kecamatan Cigalontang dan Kecamatan Jatiwarasn.

Ia dan seluruh keluarga KPU Kabupaten Tasikmalaya mengucapkan belasungkawa dan berduka sedalam dalamnya. Bahkan ia pun menyempatkan anggotanya untuk melayat ka rumah duka.

“Kami sudah mendapatkan kabar. Kami sangat berduka atas meninggalnya kedua Ketua KPPS tersebut. Mohon doa dari semua untuk almarhum semoga diterima amal ibadahnya,” jelas Zamzam. (Aris Mohamad F)***

Diskusikan di Facebook