Kemarau Rentan Bencana Kebakaran

SUMEDANG, (KAPOL).-
Musim kemarau berpotensi memicu bencana kebakaran. 

Bencana tersebut acapkali terjadi di kawasan pemukiman dan area hutan yang notebene wilayah Kec. Sukasari dikelilingi hutan lindung.

Demikian diungkapkan, Camat Sukasari Suherman kepada Kabar Priangan Online, Jumat (31/7/2015).

“Solusi bebas dari kebakaran, diantaranya bersikap tak ceroboh semisal memperhatikan perangkat kompor gas, instalasi listrik dan tak membuag puntung rokok di hutan,” katanya.

Dikatakan, kebakaran yang melanda perumahan pun kini mulai marak terjadi di beberapa daerah termasuk di Sumedang.

“Upaya menekan kasus serupa disini, kita instruksikan para Kades untuk menyosialisasikan antisipasi bahaya bencana kebakaran,” katanya.

Suherman mengatakan, melalui informasi dan pemahaman tersebut diharapkan kembali mengingatkan warga untuk memperhatikan seisi rumah sebelum tidur atau ditiggal pergi.

Bahkan, kata Suherman, masyarakat Sukasari yang berjumlah lebih dari 30 ribu jiwa ini, untuk tak sungkan menginformasikan apapun persoalan lingkungan yang diduga akan mengganggu kenyamanan warga.

“Kita memiliki Babibkamtibmas serta Babinsa, kedua komponen petugas keamanan tersebut akan ikut membantu warga dalam menyelesaikan dan menekan konflik lingkungan,” katanya.

Didampingi Ketua Apdesi Sukasari Setiawan Saputra SE, Suherman berharap agar masyarakat tetap menjalin kebersamaan serta mempertahankan budaya gotong royong. 

“Kami percaya jika warga Sukasari bisa mewujudkan suasana lingkungan tetap kondusif aman dan terkendali,” ujarnya. (Azis Abdullah)

Komentari