Kemeriahan Galuh Etnik Carnaval di Ciamis

CIAMIS,(KAPOL), – Selasa (17/7/2018), ratusan warga tumpah ruah di kawasan Alun-alun Taman Raflesia untuk menyaksikan berbagai kesenian dan kebudayaan dalam gelaran Galuh Etnic Carnival (GEC) yang digelar oleh Pemkab Ciamis pada rangkaian hari jadi Kabupaten Ciamis ke-376. 

GEC yang baru pertama digelar ini berlangsung tidak hanya menampilkan berbagai kesenian tradisonal khas Ciamis. Namun juga diikuti dan menampilkan berbagai kesenia luar daerah seperti Bandung Barat, Banjar, Kuningan, Indramayu, Garut hingga Ponorogo.

“Kami ingin mengenalkan kesenian-kesenian Ciamis yang sering tampil di kota/kabupaten lain dan sering jadi juara. Tidak dipungkiri masih banyak warga tidak tahu kesenian dari Ciamis,” ujar Panitia GEC yang juga Kasi Pembinaan Kesenian Disbudpora Ciamis, Eman Hermansyah di lokasi

Menurut Eman, setiap tahun kesenian dari Ciamis sering diundang oleh daerah lain. Untuk itu, pihaknya juga mengundang beberapa daerah memeriahkan GEC.

“Mudah-mudahan GEC ini menjadi festival tahunan rutin sehingga bisa mendatangkan wisatawan domestik ke Ciamis. Karena di Ciamis ini juga banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi, terutama wisata alam,” tuturnya.

Eman mengatakan beberapa kesenian di Ciamis cukup terkenal di Indonesia seperti Bebegig Sukamantri, Wayang Landung dan Buta Batok dari Panjalu. Tidak hanya itu, masih ada pertunjukan Mabokuy dari Rajadesa dan Meng Meleng dari Winduraja.

“Untuk pertama ini memang kami tampilkan kesenian jawara, tapi nanti setiap kecamatan akan kami tampilkan,” ujar Eman.

Pemkab Ciamis berniat menjadikan GEC sebagai agenda tahunan. Sehingga GEC bisa semakin meriah dan menjadi salah satu agenda wisata yang bisa dinikmati oleh wisatawan domestik atau mancanegara.(Yogi T Nugraha)**

Komentari