Kertas Suara Berlatar Merah Putih

image
KPU Pangandaran sudah menyiapkan kertas suara Pilkada 2015. Ada yang berbeda dengan kertas suara biasanya karena kertas suara ini diseragamkan berlatar bendera merah putih | JANI NOOR/"KP"

PANGANDARAN, (KAPOL).-
Desain alat peraga kampanye calon dibebaskan berkreasi. Lain hal dengan kertas suara pemilihan yang akan dicetak KPU Ciamis sebagai penyelenggara Pilkada Kabupaten Pangandaran.

KPU menyeragamkan latar poto pasangan calon dengan bendera merah putih dibelakangnya. Kotak poto pasangan calon pun tidak terlihat kontras sehingga ketika membuka surat suara, pemilih akan melihat satu persatu poto, nomor urut dan nama calon.

Logo Kabupaten Pangandaran tertera dipojok kanan atas, sementara logo KPU dipojok kiri. Sehingga Pilkada pertama di Kabupaten yang baru mekar ini lebih bernuansa ke Indonesia dengan merah putihnya.

Pejabat Pembuatan Komitmen (PPK) KPU Pangandaran, Imam Mustofa Kamal mengungkapkan, luas kertas suara 23 cm x 27 cm. Dengan jarak kotak foto antar pasangan calon 1 centimeter. Foto paslon berukuran 8 cm x 6 cm dengan latar merah putih tadi, kecuali pakaian calon tergantung calon.

Jumlah kertas suara yang akan dicetak disesuaikan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT), ditambah 2,5 persen utk cadangan dan 2.000 kertas cadangan juga jika ada pemilihan ulang.

Kertas suara akan menggunakan security printing agar terjamin keasliannya dari pemalsuan. Sehingga percetakan kertas suara Pilkada harus memiliki izin dari badan koordinasi pemberantasan uang palsu. (Jani Noor)

Komentari