Khitanan Massal dan Santunan, Bentuk Kepedulian Al Ma’soem

245 anak menjalani khitanan massal dan 741 duafa mendapatkan santunan

SUMEDANG, (KAPOL).- Haul ke-18 H. Ma’soem , Hj. Aisyah (ke-12) dan H. Nanang Iskandar (ke-5), diisi kegiatan khitanan massal, Minggu (16/6/2019) di Kampus Al Ma’soem, Desa Cipacing, Kecamatan Jatinangor.

Terpantau, sebanyak 245 anak menjalani khitanan massal dan 741 duafa mendapatkan santunan.

Bahkan, digelar pemeriksaan kesehatan dan pengobatan, pemeriksaan mata yang juga donor darah diikuti sekitar 80 orang.

Pemanfaatnya, sebagian banyak warga di sekitar perusahaan Al Ma’soem Group, di Kabupaten/Kota Bandung dan Sumedang.

“Acara, diisi kegiatan satu hari bersama 741 duafa dan pelaksanaan khitanan 245 anak.Sebelumnya, yang daftar dikhitan itu mencapai 300 anak, namun yang memenuhi syarat sebanyak 245 anak setelah melewati pemeriksaan kesehatan atau pengecekan oleh dokter,” kata
Pimpinan Al Ma’soem Group, H. Entang Rosadi Ma’soem didampingi Ketua Panitia Haul, Sukmajaya Hidayat.

Dikatakan, pesertanya menjadi bertambah dari pelaksanaan khitanan  massal tahun sebelumnya sebanyak 211 anak dan saat ini sebanyak 245 anak.

Bahkan, kata dia, duafa yang mendapatkan santunan dari pelaksanaan haul tersebut. Dari sebelumnya diadakan maksimal untuk 500 duafa, kemudian bertambah menjadi 650 duafa dan 700 duafa, dan saat ini mencapai 741 duafa.

Penerima santunan, ucap dia, setiap tahunnya terus bertambah dan acara seperti ini setiap tahunnya sudah ditunggu masyarakat.

“Kegiatan sosial khitanan massal dan pembagian santunan kepada duafa ini, sebenarnya sudah sejak 1990-an dilaksanakan H. Ma’soem dan Hj. Aisyah sebelum meninggal dunia,” tuturnya.

Disampaikan, setelah bapak dan ibu meninggal dunia, kegiatan sosial yang biasa dilakukan Bapak H. Ma’soem dan Ibu Hj. Aisyah dilanjutkan oleh anak-anaknya.

“Kebetulan, kedua orang tuanya itu meninggal dunia bulan Syawal, sedang H. Nanang Iskandar Ma’soem bulan Ramadan. Sehingga pelaksanaan haul ini betul-betul tepat waktu,” ucapnya.

Menurut dia, bapak berpesan agar apa pun bisa memberikan manfaat untuk masyarakat, terutama masyarakat sekitar.

“Sebelum dilaksanakan haul hari ini, mereka sudah jauh-jauh hari daftar ke panitia. Sehingga jumlah pendaftar anak yang dikhitan, duafa maupun anak yatim yang daftar sudah bisa diketahui berapa jumlahnya,” kata dia.

Sebelumnya, panitia pun memasang spanduk pengumuman di setiap unit usaha Al Ma’soem Group. ***

Diskusikan di Facebook
Baca juga ...