Kodim dan BPBD, Sosialisasi Penanggulangan Bencana

SUMEDANG, (KAPOL).- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Kodim 0610 Sumedang menggelar sosialisasi “Peningkatan dan Pengembangan Kapasitas Pusdalops Penanggulangan Bencana dan Tim Reaksi Cepat”, di Aula Kantor BPBD Kab Sumedang, Rabu (14/2/2018).

Sosialisasi bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang tanggap darurat bencana di wilayah Kabupaten Sumedang.

Pada kesemptan itu, Dandim 0610 Sumedang, Letkol Arm I Made Mertha Yasa, S.Sos menyampaikan materi tentang peran Kodim dalam penanggulangan bencana.

Materi tersebut meliputi pokok-pokok tanggap darurat bencana dan mekanisme keterlibatan personel TNI AD di tingkat daerah.

Bahkan, Dandim mengupas kriteria bencana alam, prinsip-prinsip dalam penanggulangan bencana alam, serta langkah-langkah yang dilakukan sebelum, selama dan pasca bencana.

“Apabila di wilayah terjadi hal yang tidak diinginkan yang juga diakibatkan oleh alam, maka kodim akan segera memberikan bantuan,” kata Made.

Dikatakan, Kodim sudah mempersiapkan potensi masyarakat dan kekuatan sumber daya daerah, mempersiapkan sarana dan prasarana di daerah dalam rangka mendukung pelaksanaan penanggulangan bencana.

Ia mengaku jika pihaknya dapat melakukan koordinasi dengan dinas (intansi) terkait seperti BPBD Kabupaten Sumedang.

Bahkan, dapat membantu dalam mengendalikan penanggulangan bencana di daerah sesuai dengan kriteria bencana yang dihadapi.

“Tentu saja, Kodim akan mengerahkan segenap kekuatan dan kemampuan aparat kewilayahan yang dimiliki,” ujarnya. (Azis Abdullah)***

Komentari