Kodim Sumedang Gelar Seni Ketangkasan Domba

SUMEDANG, (KAPOL).- Kodim 0610/ Sumedang bekerjasama dengan Himpunan Peternak Domba dan Kambing (HPDKI) Kabupaten Sumedang menggelar seni budaya adu ketangkasan domba di Lapangan Makodim 0610/Sumedang, Minggu (21/10).

Acara tersebut masih dalam rangkaian HUT TNI ke 73 Kodim 0610.

Dalam gelaran tersebut, para peserta tampak menghias domba jagoan yang dihias agar tampil menarik.

Kemudian diiringi musik tradisional mengiringi yang mengiringi pergelaran adu domba tersebut.

Juri atau panitia menentukan domba  yang akan dipertandingkan tentunya harus memiliki kriteria sama. Misalnya kategori kelas di atas bobot 75 kilogram atau masuk kelas A tidak boleh diadu dengan kelas di bawahnya.

Masing-masing pemilik domba  mengenakan baju adat pangsi, serba hitam serta mengunakan topi kulit.

Selain mendapatkan hadiah hadiah menarik domba yang menjadi juara pada seni ketangkasan tersebuti tentu akan menaikan pamor sang domba.

Dandim 0610/Sumedang Letkol Arm I Made Mertha Yasa S.Sos mengatakan, acara yang digelar pada peringatangatan HUT TNI ke 73 ini bertujuan untuk mendorong perekonomian para peternak domba.

“Kegiatan bartujuan untuk mendorong para petani peternak domba.Dan sekaligus menguji ketangakasn domba,” ujarnya.
Menurutnya,pagelaran seni budaya adu ketangkasan ini, menjadi ajang silataurahmi lebih jauhnya meningkatkan perekonomian peternak domba di wilayah Jawa Barat.

Melalui kegiatan seperti ini dapat menumbuhkan semangat para peternak domba dalam hal merawat dombanya.

Sementara itu Ketua Himpunan Peternak Domba dan Kambing (HPDKI) Kabupaten sumedang menambahkan bahwa pada adu seni ketangkasan ini peserta yang terlibat berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat.

“Adu ketangkasan domba ini, merupakan upaya menjaga budaya dan seni dalam melestarikan domba garut,” katanya. (Nanang Sutisna)***

Komentari