Korem 062 Tarumanegara Tangkap Penjual Sabu

KOTA, (KAPOL).-Upaya peredaran narkoba jenis sabu di wilayah Kabupaten Garut berhasil digagalkan jajaran Komando Resor Militer (Korem) 062 Tarumanagara. Seorang warga yang diduga penjual sabu berhasil diamankan berikut barang buktinya.

Kasie Intel Korem 062 Tarumnagara, Mayor Inf Sandi Yudha, membenarkan pihaknya telah menangkap seorang terduga penjual narkoba jenis sabu. Penangkapan itu berawal dari adanya laporan warga yang resah karena di daerahnya sering terjadi transaksi narkoba.

“Benar, tadi siang sekitar pukul 12.30 WIB, kita berhasil menangkap seorang terduga penjual narkoba jenis sabu berinisial W, warga Bayongbong. Dia kita tangkap saat melakukan transaksi di kawasan Pasar Simpang, Kecamatan Bayongbong,” ujar Sandi, Senin (6/8/2018).

Dikatakannya, sebelumnya pihaknya menerima laporan dari warga yang mengaku resah karena daerahnya seringkali digunakan sebagai tempat transaksi narkoba.

Menindaklanjuti laporan tersebut, pihaknya langsung menerjunkan sejumlah anggota untuk melakukan pengamatan di sekitar lokasi sasaran.

Tak lama kemudia, tutur Sandi, anggota melihat ada tanda-tanda orang yang dicurigai sesuai laporan yang telah diterima. Kemudian orang tersebut bertemu dengan seorang lainnya yang diduga pembeli untuk melaksanakan transaksi.

“Kami langsung melakukan penyergapan ketika kedua orang yang diduga penjual dan pembeli narkoba tersebut tengah melaksanakan transaksi,” katanya.

Sandi menyebutkan, satu orang yang diduga berperan sebagai penjual berhasil ditangkap akan tetapi satu orang lagi berhasil melarikan diri. Petugas sudah mencoba melakukan pengejaran akan tetapi gagal menangkapnya.

Ia mengatakan, yang berhasil melarikan diri merupakan pembeli sedangkan yang berhasil diamankan berperan sebagai penjual. Namun sebelum melarikan diri, si pembeli sudah memberikan uangnya kepada W akan tetapi sabunya belum diambil.

Dari hasil penggeledahan yang dilakukan terhadap terduga, petugas berhasil menemukan barang bukti berupa sabu dengan berat 0,28 gram. Selain itu, petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti lainnya, di antaranya uang tunai, telepon genggam, dan sejumlah kartu telepon.

Petugaspun kemudian mengamankan terduga ke
Makorem 062 Tarumanagara di Jalan Bratayudha, Kecamatan Garut Kota.

Sandi menerangkan, bekerja sama dengan pihak badan Narkotika Nasinal (BNN) Kabupaten Garut, pihaknya kemudian melakukan tes urine terhadap terduga. Hasilnya, orang tersebut dinyatakan positif mengkonsumsi narkoba bahkan bukan hanya sabu tapi juga ganja dan ekstasi.

“Ternyata hasil tes urine yang kita lakukan bekerjasama dengan BNN, tersangka positif mengkonsumsi barang haram. Bahkan bukan hanya sabu yang berhasil didterksi tapi terduga juga mengkonsumsi ekstasi dan ganja,” ucap Sandi.

Lebih jauh Sandi menjelaskan, sesuai aturan hukum pihaknya tak bisa melakukan pemeriksaan lebih lanjut sehingga kemudian terduga beserta barang bukti yang diamankan diserahkan ke Satuan Narkoba Polres Garut.

Untuk pemeriksaan dan pengungkapan selanjutnya, itu merupakan kewenangan pihak kepolisian.Sandi menyampaikan terima kasihnya kepada warga yang telah berani melaporkan adanya kegiatan transaksi narkoba di daerahnya.

Ini menurutnya sebuah tindakan yang sudah benar dan patut ditiru mengingat menjaga keamanan itu bukan hanya menjadi tanggung
jawab TNI dan kepolisian tapi juga semua elemen masyarakat.

“Jangan takut untuk melaporkan kejahatan karena kami juga akan memberikan perlindungan. Semua elemen masyarakat tanpa terkecuali mempunyai tanggung jawab yang sama dalam menjaga keamanan,” kata Sandi.(Aep Hendy S)***

Komentari