Kota Tasikmalaya, Raihan Suara Jokowi-Ma’ruf Amin Meningkat Dibanding Pilpres 2014

TAWANG, (KAPOL).- Kubu pendukung dan Timses pasangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin Kota Tasikmalaya, pasca pencoblosan optimis meraih kenaikan suara di Kota Tasikmalaya dibanding Pilpres 2014.

Nunung Nuraeni anggota Relawan dan Simpatisan Jokowi-Amin Kota Tasikmalaya mengungkapkan, Perhitungan hasil suara usai pencoblosan 17 april kemarin dipastikan meningkat.

Pasalnya, selama masa kampanye strategi untuk capaian suara di Kota Tasikmalaya terus digenjot.

Menurutnya, Raihan hasil pilpres 2014 di Kota Tasikmalaya suara Jokowi itu sebesar 25 persen lebih. Dipastikan, di 2019 naik signifikan dengan upaya sosialisasi pencapaian kinerja selama 4 tahun pemerintahan Jokowi.

Bahwa kenaikan suara Jokowi salah satunya karena upaya kang Yanto Oce pendukung dan simpatisan yang selalu terus melakukan kegiatan deklarasi, jalan sehat, senam bersama, kampanye terbuka, baksos sembako murah dan berbagai kegiatan yang melibatkan ribuan warga.

Selain itu, tentunya upaya dengan melakukan kampanye door to door untuk menaikan elektabilitas dan dukungan suara terhadap Jokowi di Kota Tasikmalaya.

Dari kerja keras dan kerja cerdas selama ini, relawan dan simpatisan Jokowi-Amin Kota Tasikmalaya dipastikan bisa menyumbang hingga 17,1 persen suara. Kenaikan itu bisa menjadi acuan kinerjanya.

“Perhitungan kami, kenaikan cukup signifikan dibandingkan capaian Pilpres 2014, kami sekurang-kurangnya mendistribusikan tambahan raihan suara hingga 17,1 persen dari total. Meski masih menunggu hasil perhitungan dari KPU Kota Tasikmalaya,” katanya saat ditemui di KPUD Kota Tasikmalaya, Jumat (19/4/2019).

Harapannya, raihan suara bisa lebih 50 persen sehingga perhatian pemerintah lebih bisa tercurah ke Kota Tasikmalaya. Apalagi saat ini program Jokowi membangun Tol Cigatas yang bisa meningkatkan perekonomian Kota Tasikmalaya.

Jokowi juga sangat perhatian terhadap pembangunan bandara udara Wiriadinata Tasikmalaya. Hal ini menjadi dasar meningkatnya raihan suara.

Hal senada Timses dan relawan pemenangan Jokowi Amin Kota Tasikmalaya, Udo Widodo mengungkapkan, banyaknya program pro rakyat yang terus digencarkan mendongkrak raihan suara untuk pasangan momor 01. Hampir di setiap TPS ada kenaikan jumlah raihan suara.

Hal ini berkat kinerja selama Jokowi memimpin. Sehingga tingkat kepercayaan warga Kota Tasikmalaya terhadap pasangan nomor 01.

“Yang dirasakan warga Kota Tasikmalaya banyak bantuan untuk warga tidak mampu, terutama dengan bantuan PKH, KIP, KIS, BNPT dan bantuan lainnya yang dirasakan langsung oleh warga,” katanya.

Pihaknya, akan terus mengawal distribusi surat suara di setiap TPS hingga perhitungan suara diagar tidak ada kecurangan.

Sehingga kontribusi suara dari Kota Tasikmalaya bisa menyentuh angka yang pantastis.

Sementara Ketua KPU Kota Ade Zaenul Mittaqin mengatakan, sampai hari ini KPU Kota Tasikmalaya masih terus melakukan proses input data c1 dari TPS-TPS seluruh kecamatan di wilayah Kota Tasikmalaya.

“Saat ini masih proses pendataan dari 176 TPS pasangan 01 Jokowi-Ma’ruf Amin memperoleh suara 27,80 persen prabowo 72,20 persen,” katanya saat ditemui di kantor KPUD Kota Tasikmalaya, Jumat (19/4/2019).

Diungkapkannya, dibandingkan Pilpres 2014 lalu hasil final pasangan Jokowi-JK meraih 26,07 persen atau 99.307 suara, sementara Prabowo-Hatta 73,93 persen atau 281.665 suara dari partisipasi pemilih 80,91 persen. Pemilih terdaftar 477.509 dan pengguna hak pilih 386.374.

“Perolehan itu hasil 100 persen suara masuk pada waktu itu. Kalau data perhitungan Pilpres 2019 hasil sementara 01 mengalami kenaikan sekitar 1 persen dari saat ini hingga pukul 16.00 wib masih 176 TPS dari 2063 TPS di Kota Tasikmalaya.

Dikatakannya, hari ini merupakan hari kedua penghitungan suara. Sesuai perturan KPUD Kota Tasikmalaya memiliki waktu penghitungan selama 5 hari.

“Target yang diberikan 5 hari kerja, ada waktu untuk 3 hari kedepan bisa mencapai 100 persen atau final penghitungan,” katanya. (Erwin RW)***

Diskusikan di Facebook