KPU Kab. Tasik Nyatakan 13 Bacaleg Tak Lolos Verifikasi

SINGAPARNA, (KAPOL).- KPU Kabupaten Tasikmalaya sudah selesai melakukan proses verifikasi faktual Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) untuk DPRD Kabupaten Tasikmalaya. Hasilnya KPU menyatakan ada 13 bacaleg yang dinyatakan tidak lolos verfikasi.

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, H. Deden Nurul Hidayat menuturkan awalnya ada 599 daftar bacaleg dari 14 partai politik yang masuk di KPU Kabupaten Tasikmalaya.

Namun kemudian setelah diverifikasi ada 13 bacaleg yang tidak lolos. Artinya ada 586 bacaleg yang dinyatakan lolos verifikasi dan akan diumumkan sebagai DCS (Daftar Calon Sementara) DPRD Kabupaten Tasikmalaya.

13 bacaleg yang tidak lolos itu, kata Deden, berasal dari dua partai. 6 bacaleg dari PBB dan 7 bacaleg dari Partai Hanura.

“Tidak lolos verifikasi karena mereka tidak melengkapi berkas persyaratan seperti surat keterangan dari Pengadilan, SKCK dari Kepolisian ataupun surat kesehatan,” kata Deden di kantornya, Jumat (10/8/2018).

Deden menambahkan dari 586 bacaleg yang dinyatakan lolos verifikasi, 236 diantaranya adalah perwakilan perempuan. Sisanya sebanyak 350 bacaleg laki-laki.

“Artinya partisipasi perempuan mencapai 40% dan laki-laki 60%,” kata Deden.

Untuk 13 bacaleg yang dinyatakan tidak lolos ini, kata Deden, sudah dipastikan namanya dicoret dari daftar bacaleg dan tidak bisa diperbaiki. Semisal menyerahkan persyaratan susulan dan lain sebagainya.

“Tapi kami terbuka. Jika ada yang hendak ditanyakan kepada kami, silahkan,” kata Deden.

Selain itu, lanjut Deden, dalam melakukan proses verifikasi, KPU Kabupaten Tasikmalaya sudah menjalankan sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku. Termasuk melibatkan Panwaslu Kabupaten Tasikmalaya selama proses verifikasi ini berlangsung. (Imam Mudofar)***

Komentari