KUD Minasari Pangandaran Terbaik di Jabar

 

PANGANDARAN,(KAPOL).-Ketua Dekopinwil Jawa Barat yang diwakili oleh Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Jayagama Masri, membenarkan, bahwa KUD Minasari Pangandaran merupakan koperasi terbaik se-Jawa Barat.

“Ketua KUD Minasari nya adalah Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata. Dia sebagai bapak penggerak koperasi di Kab Pangandaran,” ujar Jayagama saat menghadiri Rakerda Dekopinda Kab Pangandaran di aula hotel Sandaan Pangandaran, Senin, 16 April 2018.

Jayagama juga mengatakan, bahwa potensi di Kab Pangandaran sangat kaya, sehingga peluang bagi koperasi terbuka luas.

“Tinggal bagaimana mengembangkan produk-produk unggulannya. Apalagi Pangandaran menjadi pariwisata yang mendunia,” ujarnya.

Dia pun berharap, untuk perayaan HUT Koperasi tahun 2019 bisa dilaksanalan di Pangandaran sebagai daerah pariwisata.

HUT Koperasi Ke-71 Tingkat Kab Pangandaran wajib dilaksanakan serta mengikuti Hari Ulang Tahun Koperasi Tingkat Provinsi Jawa Barat di Karawang dan Hari Ulang Tahun Tingkat Nasional di Yogyakarta pada bulan Juli 2018

Ditempat yang sama, Ketua Dekopinda Kab Pangandaran, Ukardi menjelaskan, pada tahun 2017 jumlah koperasi yang dibubarkan 131 yang aktif 62.

“Sedangkan yang melakukan RAT tahun 2017 baru 26 Koperasi. Jadi jumlah total Koperasi di Kabupaten Pangandaran
sebanyak 203 koperasi,” jelas Ukardi.

Dia juga memaparkan, dalam agenda pembahasan saat Rakerda antaranya yaitu mengusulkan kepada Ketua Dekopinwil bahwa Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata berhak mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Pusat/Kementrian sebagai Bapak Penggerak Koperasi.

“Karena beliau sampai saat ini masih menjadi Ketua KUD Minasari Pangandaran dan merupakan koperasi terbaik di Jawa Barat,” ucap Ukardi.

Ukardi juga memohon kepada Bupati Pangandaran untuk kesediaannya bahwa Hari Ulang Tahun Koperasi Ke-72 tahun 2019 bertempat di Kab Pangandaran sesuai dengan usulan dan kehendak para Ketua Dekopinda se-Jawa Barat.

“Kami juga mengusulkan kepada Bapak Bupati bahwa bidang koperasi yang ada di Kab Pangandaran menjadi Dinas tersendiri supaya program ekonomi kerakyatan bisa berjalan dengan baik sesuai dengan Nawacita Presiden Joko Widodo,” ujarnya.

Tidak terlepas, lanjut Ukardi, bantuan anggaran sangat diperlukan untuk kegiatan Dekopinda di Kab Pangandaran karena kegiatan yang telah dilaksanakan sebagian besar dibiayai dari iuran anggota koperasi di Kab Pangandaran, namun tidak seimbang dengan biaya untuk kegiatan Dekopinda Kab Pangandaran. (Agus Kusnadi)***

Komentari