Kwarcab Pramuka Kota Tasik Siapkan Penghargaan pada Kegiatan Hari Pramuka

TASIKMALAYA, (KAPOL).- Keluarga besar Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Tasikmalaya mengadakan silaturahmi di Rumah Makan Baraya Sunda, Jalan BKR, Kota Tasikmalaya, Sabtu (22/6/2019).

Dalam silaturahmi tersebut turut dibahas kegiatan yang akan diadakan dalam rangka Hari Pramuka tahun 2019, di mana akan ada pemberian penghargaan kepada anggota Pramuka.

“SK-nya belum turun. Nanti ada SK dari Kwarda, SK dari Kwarnas. Mudah-mudahan dalam waktu dekat kita sudah menerima SK, sehingga bisa dipastikan beberapa orang lolos seleksi, karena diseleksi atas dasar proposal yang kita ajukan,” kata H. Undang Hendiana, Ketua Harian Kwarcab Pramuka Kota Tasikmalaya saat dihubungi “KP” usai kegiatan.

Dijelaskannya, penghargaan tersebut diberikan kepada anggota yang memiliki jasa dalam Pramuka khususnya di tingkat Kwarcab Kota Tasikmalaya.

Biasanya, penghargaan tersebut diberikan pada periode tertentu tergantung jenjangnya, seperti penghargaan 5 tahunan atau penghargaan Pancawarsa, penghargaan Darma Bakti, dan sebagainya yang diusulkan ke Kwartir Daerah (Kwarda).

Di samping itu, dalam kesempatan itu dibahas kegiatan lainnya dalam menyambut Hari Pramuka yang jatuh pada 14 Agustus mendatang, baik kegiatan sebelum, setelah, maupun kegiatan pada hari-H.

Kegiatan tersebut direncanakan dilaksanakan dari mulai tingkat Kwartir Ranting (Kwarran) atau tingkat kecamatan hingga tingkat Kwarcab atau tingkat Kota Tasikmalaya. H. Undang menambahkan, adanya momentum silaturahmi usai Lebaran ini dapat memperkuat kekompakan Pramuka Kota Tasikmalaya.

Bagi lembaga pendidikan, Pramuka diharapkan dapat dijadikan wadah pembinaan karakter bagi peserta didik. Semua lembaga pendidikan diharapkan menyelenggarakan kegiatan kepramukaan secara aktif, yang dilaksanakan di luar kelas sehingga menyenangkan bagi peserta didik.

Dengan adanya kegiatan kepramukaan, diharapkan dapat memacu meningkatkan kecakapan dan keterampilan peserta didik. “Karena tidak cukup diberi pengetahuan pendidikan formal, namun harus ada sentuhan kreativitas dalam kegiatan lainnya, Pramuka bagian dari pendidikan non-formal untuk mengembangkan kreativitas anak,” ujarnya.

Sementara ketua panitia kegiatan, Darya menjelaskan bahwa silaturahmi yang dihadiri para Wakil Ketua, Andalan, Badan Kelengkapan, pengurus Kwartir Ranting, pengurus Dewan Kerja Cabang, dan Dewan Kerja Ranting tersebut merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan Kwarcab Kota Tasikmalaya. (Aji MF)***

Diskusikan di Facebook
Baca juga ...