oleh

Layang Lakbok Art & Culture Festival 2019

-BUDAYA-10 views

CIAMIS, (KAPOL) – Layang Lakbok Art & Culture Festival 2019, sebuah helatan akbar masyarakat Lakbok akan kembali digelar di area pesawahan Blok Kuntul, Desa Sidaharja, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Dengan mengusung tema Optimisme Petani Lakbok, helatan ini akan diselenggarakan pada 27-28 September 2019.

Ketua Panitia, Irvan Nuary menuturkan, tahun ini akan difokuskan pada narasi optimisme para petani Lakbok dan mengenalkan dunia pertanian pada generasi penerus Lakbok.

“Sebagai Festival berbasis masyarakat, Layang Lakbok kembali memunculkan potensi-potensi alam pesawahan, kuliner dan kesenian khas Lakbok,” katanya.

Fasilitator Layang Lakbok, Asep Zery Kusmaya menyatakan dengan menampilkan semua potensi Lakbok, diharapkan Festival ini memberikan citra positif Lakbok pada dunia luar, dan dapat mengajak seluruh elemen masyarakat Lakbok untuk berintegrasi dan berkolaborasi dalam inovasi dan karya nyata.

“Festival tahun ini berhasil mengajak beberapa elemen masyarakat seperti desa-desa di Lakbok, Ansor, Banser, Fatayat, IPNU, Karang Taruna, tokoh masyarakat, serta semua elemen masyarakat untuk berkolaborasi dan berkarya bersama dalam Festival ini,” kata Asep.

Menurutnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dijadwalkan akan hadir dan membuka Festival tahun ini.

Direktur Paguyuban Pematang Sawah, Paiso memandang dengan datangnya para pemangku kepentingan dari Jawa Barat dan Kabupaten Ciamis khususnya, dapat memberikan dampak positif pada Lakbok.

“Beragam konten kreatif seperti Pasar Pematang Sawah, Helaran, Pertunjukan seni tradisi dan Harmoni Pematang Sawah akan kembali digelar,” ujarnya diamini Anri Irawan, Penanggung Jawab Divisi Acara.

Menurut Anri, tahun ini akan lebih menonjolkan seni-seni lokal khas perbatasan Timur Jawa Barat yang kental akan percampuran budaya Sunda dan Jawa, pokoknya pengunjung akan diajak untuk merasakan kebudayaan Lakbok seutuhnya.

“Sebagai festival berbasis masyarakat, Layang Lakbok Art & Culture Festival 2019 diharapkan mampu menjadi etalase dan tools pembangunan masyarakat Lakbok ke depan,” katanya.

Komentar

News Feed