IKLAN
LINIMASA

Lebaran Masih Jauh, Tiket KA Sudah Ledis

image

Tiket kereta api untuk calon penumpang yang akan mudik maupun balik pada hari raya idul fitri tahun ini pemberangkatan dari Stasion Tasikmalaya sudah habis terjual | ERWIN R WIDIAGIRI/"KP"

CIPEDES, (KAPOL).-
Idulfitri masih jauh. Bahkan belum masuk bulan Ramadan akan tetapi tiket kereta api untuk Idulfitri tahun 2016 sudah habis dibeli calon pemudik. Tiket kereta untuk calon penumpang yang akan mudik lebaran sendiri sudah dikeluarkan 90 hari dari hari H.

Menurut Kepala Stasiun Tasikmalaya Toni Heryanto didampingi Junior Supervisor Komersil Stasion Tasikmalaya, Cuncun Srimulyani mengatakan, tiket lebaran sudah dikeluarkan sejak 1 April 2016 lalu. Namun pada 16 April tiket H-10 dan H+8 habis tejual.

“Saat ini tiket untuk pemberangkatan calon penumpang H-10 dari stasion Tasikmalaya untuk jalur ke arah timur ekonomi pasundan, tujuan Kiara Condong Surabaya, Kahuripan Kiara Condong – Kediri sudah habis terjual. Harga tiket ekonomi Pasundan Rp 94.000 rupiah dan Kahuripan Rp 84.000 rupiah. Sedangkan untuk jalur ke barat masih tersedia itupun tinggal kereta eksekutif dan bisnis dengan harga dari Rp 255.000 rupiah sampai Rp 340.000 rupiah itu jika hari biasa. Saat lebaran tiket eksekutif dan bisnis mengalami kenaikan harga tiket eksekutif dari Rp 460.000 rupiah sampai Rp 615.000 rupiah sedangkan tiket Bisnis Rp 310.000 sampai Rp 395.000 rupiah,” katanya.

Akan tetapi, lanjut Cuncun, sebaliknya untuk tiket jurusan Jakarta ke Pasar Senen hingga H+ 10 pemberangkatan dari Satsion Tasikmalaya saat ini sudah habis terjual. Dikatakannya, untuk jalur selatan sendiri PT KAI menyediakan tiket kurang lebih 7.000 tiket yang dikeluarkan per hari meliputi kereta eksekutif, bisnis dan ekonomi. Penjualan tiket sendiri dilakukan dengan cara manual dan online. Namun diharapkan pembelian lebih ke cara online, pasalnya selain bisa 24 jam dan di buka pada pukul 00.00 wib. Namun jika pembelian tiket secara manual di stasion sangat terbatas oleh waktu, loket di buka hanya dari jam 09.00 sampai 16.00 wib.

“Karena tiket diatur sesuai kursi kereta tidak sedikit warga yang datang ke tempat penjualan tiket atau loket harus pulang dengan tangan hampa karena tidak mendapatkan tiket untuk mudik. Pihaknya tidak bisa berbuat banyak, maka disarankan saat dibuka penjualan tiket untuk mudik calon penumpang bisa membeli secara online. Calon pembeli.juga tidak usah khawatir sebab penjualan tiket secara online sangat mudah dan sudah bisa didapatkan di mini market ataupun canel eksternal yang sudah kerjasama dengan PT KAI,” ujarnya.

Namun calon penumpang yang tidak kebagian tiket masih ada kesempatan jika ada penambahan kereta atau ada penumpang yang membatalkan pemberangkatannya. “Untuk penambahan kereta pada lebaran tahun kemaren hingga 6 kereta. Mungkin lebaran tahun ini juga penambahan kereta bisa mencapai 6 kereta atau bahkan lebih,” ungkapnya. (Erwin RW).

Komentari

IKLAN
IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top