Lebaran, Tarif Hotel di Garut Merangkak Naik

GARUT, (KAPOL).- Tarif hotel dikawasan wisata Cipanas, Kampung Sampiren dan dibeberapa tempat lainnya di Kabupaten Garut memasuki musim lebaran 2018 ini naik dengan nilai kenaikan bervariasi.

FO Kampung Sampiren, Elsa mengatakan, kenaikan tarif biasanya di angka 10 persen.

Tarif biasa untuk kamar Rp 2 juta sedang Bungalow Rp 6 juta per malam.

“Namun untuk hari H lebaran, yakni Jumat (15/6) baru terisi sekitar 50 persen. Sedangkan untuk hari ke dua sudah terisi 80 persen dari jumlah bungalow sebanyak 26 buah, dan kamar 20 buah. Pemesan kebanyakan keluarga yang mudik ke Garut” kata Elsa, Rabu (13/6).

Sedangkan dikawasan wisata Cipanas kenaikan tarif lebih besar lagi.

FO hotel Cipanas, Aziz mengatakan, di Cipanas Indah, yang masuk kategori kelas melati tarif hotel pada hari biasa Rp 240.000 per malam.

“Akan tetapi dimusim lebaran naik menjadi Rp 620.000. Sedangkan yang tarif Rp 200.000 menjadi Rp 520.000. Kalau tarif Bungalow menjadi Rp 830.000.- dari Rp 360.000,” kata Aziz.

Dia menyebutkan, kenaikan tarif itu sudah biasa dilakukan setiap lebaran, tahun baru, atau ahir pekan.

Memang kenaikan tarif itu bervariasi tergantung manajemen hotelnya masing-masing. “Bahkan banyak juga yang menaikan tarif beberapa kali lipat,” ujarnya.

Sementara itu, Front Office (FO) hotel berbintang Tirta Gangga, Willy menyebutkan, tarif hotel di hari biasa antara Rp 580.000.- hingga Rp 1.280.000.

“Namun pada musim lebaran tarif menjadi Rp 1 juta hingga Rp 2 juta an,” ucapnya.

Diketahui, setiap ramadan aktivitas wisata dan tingkat hunian (okuvasi) hotel berbintang maupun kelas melati di kawasan obyek wisata Pemandian air panas Cipanas, dan sekitarnya di Kabupaten Garut menurun drastis.

Banyak fasilitas kamar hotel termasuk kunjungan pada kolam-kolam renang/rendam air panasnya kosong selama sebulan penuh.

“Ya sudah biasa kalau puasa mah sepi. Jangankan yang nginep, yang mandi atau berenang pun jarang. Kalau yang datang kesini banyak tapi dia hanya main-main diluar saja,” kata salah seorang pengelola hotel. (Dindin Herdiana)***

Komentari