Lima Calon Kades Saguling, Siap Bersaing

BAREGBEG, (KAPOL).-Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Saguling, Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis mengelar rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut calon kepala desa.

Rapat peleno terbuka ini dipimpin langsung oleh ketua panitia Pilkades Desa Saguling Totong Hartoyo. S.Pd, bertempat diaula pertemuan kantor Desa Saguling, pada Jumat ( 9/11/2018).

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh panitia Pilkades, lima calon kepala Desa Saguling, camat Baregbeg Hj. Rusmiwati dan anggota Babinsa dan Babinkantibmas serta masing-masing Tim sukses dari para calon kepala desa.

Sebelum undian penarikan nomor urut dilaksanakan, ketua panitia Pilkades Totong Hartoyo membacakan Surat Keputusan (SK) tentang pengumaan penetapan dari bakal calon menjadi calon kepala desa.

“Kami sudah jalankan beberapa tahapan pelaksanan Pikades serentak tahun 2018, mulai penjaringan balon, seleksi adminstrasi, penetapan balon menjadi calon dan hari ini pengundian nomor urut calon,” jelasnya.

Menurut dia, seluruh kanidat sudah dinyatakan lolos dan siap maju dalam Pilkades Desa Saguling. Adapun calon kepala desa yang ditetapkan dan berhak dipilih dan mengikuti pemilihan Kepala Desa Saguling periode 2019-2025 yaitu, Engon Turkona, Dede Heris, H. Mamat, Otong Sutarman dan Hernara Ruhian.

Dipandu oleh sekertaris panitia Pilkades Desa Saguling pengundian nomor dilakukan dengan cara mengambil nomor undian yang diacak terlebih dahulu, Otong Sutarman No.1, H. Mamat No.2, Ade Heris No. 3, Engkon Turkona No. 4 dan Hernara Ruhian No. 5.

Setelah diadakan pengundian nomor urut dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara kesepakatan oleh pengurus panitia dan calon kepala Desa Saguling.

Selesai pendatangan berita acara kesepakatan dilanjutkan penertiban gambar dari masing-masing calon oleh jajaran panitia Pilkades yang msih belum diturunkan untuk diganti dengan gambar yang telah ada nomo urut serta yang telah ditentukan oleh pihak panitia Pilkades.

Camat Baregbeg Hj. Rusmiwati, mengatakan acara pengundian dan penetapan nomor urut calon kepala desa dilaksanakan di Desa saguling dan Desa Sukamaju, kedua desa tersebut akan melaksanakan pemilihan kepala desa serentah tahun 2018 yang akan berlangsung pada Minggu ( 18/11/2018).

“Sampai sejauh ini gejolak politik di dua desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak masih kondusif, beselisih dan bersaing politik itu boleh asal harus dengan cara sehat, yang terpenting aman kondusif dan dijaga bersam, ” katanya.

“Tahapan dalam Pilkades ini sudah berjalan dengan baik dan aman, diharapakn semua ini dapat berjalan dengan aman dan lancar tidak ada kendala apaun hingga mengasilkan satu pemimpin di desanya masing-masing, siapapun nanti yang terpilih itu merupakan putra terbaik di desanya,” jelasnya.(Endang Setia Budi)***

Komentari