Lomba Cipta Menu B2SA Kota Banjar

BANJAR, (KAPOL).- Sebanyak 25 peserta perwakilan desa/kelurahan se-Kota Banjar l, mengikuti lomba cipta menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) berbasis sumber daya lokal.

Kegiatan itu, digelar pada acara Hari Krida Pertanian Ke-47 Kota Banjar di lapangan sekitar Terminal Banjar, Kamis (11/7/2019).

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian Dan Perikanan Kota Banjar, Nanan Rohanan mengatakan, juara tingkat Kota Banjar akan dijadikan duta Banjar pada lomba tingkat Provinsi Jabar mendatang.

“Juara lomba menu B2SA terbaik tingkat Kota Banjar sekarang ini, direncanakan akan dikolaborasikan dengan menu cipta baik lainnya di Kota Banjar. Untuk dilombakan di tingkat Jabar mendatang,” kata Nanan.

Lebih lanjut dia berharap lomba cipta menu yang digelar pada momen HKP ini, jangan hanya dijadikan kegiatan seremonial saja.

Tetapi, diharuskan berkelanjutan. Seiring Banjar mempunyai banyak makanan olahan dan unggulan.

“Sumber daya lokal adalah peluang usaha yang mempunyai masa depan cerah. Bercermin, kiripik singkong dan talas, setelah dikemas dengan inovasinya, saat ini banyak dipasarkan di supermarket. Laris dan disukai anak-anak maupun dewasa,” tuturrnya.

Ketua Pokja III TP PKK Kota Banjar, sekaligus Juri, Hj.Lalak Siti Malak Suharyono, hasil pertanian untuk dijadikan makan olahan di Kota Banjar melimpah.

“Terpenting itu, ada kemauan untuk berinovasi mengolah sumber daya lokal itu. Jika kreatif, dipastikan menghasil uang dan menambah kesejahtraan masyarakat nantinya,” ucap Hj. Lalak.

Perwakilan Dinas Ketanahan Pangan dan Peternakan Provinsi Jabar, Donni Cahyna, menjelaskan, lomba cipta menu B2SA tingkat Jabar dijadwalkan 13 Agustus 2019. Lomba tingkat nasionalnya Oktober 2019 mendatang.

“Juara pertama cipta menu B2SA Tingkat Provinsi Jabar dari 27 kab/kota se-Jabar nanti, akan menjadi perwakilan Jabar menuju lomba tingkat nasional,” ujar Donni kepada “KAPOL”. (D.Iwan)***

Keterangan Foto :
KETUA Ketua Pokja III TP PKK Kota Banjar, sekaligus Juri, Hj. Lalak Siti Malak Suharyono didampingi Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian Dan Perikanan Kota Banjar, Nanan Rohanan saat penilaian lomba cipta menu HKP Tingkat Kota Banjar di lapangan sekitar Terminal Banjar, Kamis (11/7/2019).

Diskusikan di Facebook
Baca juga ...