Lomba Kreasi Seni, Cara KPU Kab. Tasik Dekati Pemilih Pemula

SINGAPARNA, (KAPOL).-Berbagai cara dilakukan penyelenggara pemilu guna meningkatkan hak pilih pada Pemilu 17 April mendatang. Salah satunya yang dilakukan KPU Kabupaten Tasikmalaya dengan pendekatan seni budaya pada para pemilih pemula yang mungkin baru pertama bakal menyalurkan hak pilih mereka.

Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya, Is’tianah mengatakan, guna merangkul para pemilih pemula untuk ikut berpartisipasi dalam pemilu maka pihaknya melakukan perlombaan kreasi seni tradisional sunda dan lomba jenggel pemilu 2019. Setidaknya ada 26 grup seni yang terlibat mengikuti kegiatan yang berlansung di Pendopo Baru Pemkab Tasikmalaya, Rabu (10/4/2019).

“Kegiatan ini merupakan sosialisasi pemilu kepada pemilih pemula. Sebab mereka baru pertama kali memilih dan akan mengikuti pemilu, sehingga perlu sangat ditekankan jika pemilu tahun ini yakni pemilu pilpres dan pileg,” jelas Is’tianah.

Sejumlah kreasi seni ditampilkan para kaum milenial, mulai dari karoke lagu sunda, kecapi suling hingga kesenian karinding. Umumnya para calon pemilih pemula ini sudah mengetahui bakal ada pemilu dari banyaknya calon yan menjajakan fotonya di spanduk dan baligo.

Namun terkait teknis dan siapa pilihan merena nanti di TPS, rata-rata mereka masih kebingungan karena saking banyaknya calon anggota legislatif yang bertebaran. (Aris Mohamad F)***