Longsor di Talegong, Dua Rumah Rusak Berat

TALEGONG, (KAPOL).- Dua rumah di wilayah Kecamatan Talegong, Kabupaten Garut rusak berat. Hal ini dikarenakan terjadinya longsor pada Rabu (6/3/2019) akibat hujan deras dan lama.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Imat, menyebutkan longsor di Talegong terjadi di dua titik. Hari itu hujan deras dan lama memang mengguyur kawasan talegong dari pagi hingga sore hari.

“Longsor pertama terjadi di Kampung Datarkupa RT 01 RW 04, Desa Mekarwangi sekitar pukul 13.15 WIB. Sedangkan longsor kedua terjadi sekitar pukul 16.00 WIB di wilayah desa yang sama yakni di Kampung Cipaku RT 02 RW 04,” ujar Imat.

Dikatakannya, akibat peristiwa longsor tersebut dua rumah warga rusak berat.

Rumah pertama milik Oon (38) yang berada di Kampung Datarkupa RT 01 RW 04, Desa Mekarwangi dengan kerugian mencapai Rp 30 juta.

Sementara itu dalam kejadian longsor di Kampung Cipaku RT 02 RW 04, tutur Imat, rumah yang rusak berat yakni milik Dadang (32).

Kerugian materi yang ditimbulkan diperkirakan mencapai Rp 25 juta.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa atau luka dalam peristiwa tersebut. Hanya saja Oon dengan jumlah tanggungan jiwa 2 orang dan Dadang dengan tanggungan jiwa 3 orang harus dievakuasi ke rumah sanak keluarganya,” kata Imat.

Diungkapkan Imat, pascamenerima laporan, BPBD Garut langsung menurunkan petugas ke lapangan. Selain melakukan pengecekan, petugas dengan dibantu warga dan Muspika membantu mengevakuasi korban dan barang korban.

“Kami juga sampaikan kepada masyarakat untuk tetap waspada mengingat tingginya potensi bencana pada musim hujan seperti ini,” ucap Imat. (Aep Hendy S)***