Mahasiswa Daerah Bangun Kampung Halaman

SELAAWI, (KAPOL).- Guna mengabdikan keilmuannya dalam memajukan daerah asaknya, para mahasiswa asal Selaawi Kabupaten Garut membentuk Keluarga Mahasiswa Selaawi (KeMaSel). Mereka kemudian melakukan silaturahmi koordinasi bersama pihak kecamatan Selaawi, Sabtu (9/2/2019).

Silaturahmi ini dibangun dengan latar belakang keresahan mahasiswa asli Selaawi yang kebanyakan kuliah diluar kampung halamannya, untuk bisa mengimplementasikan hal-hal yang sudah didapatnya agar bisa ditransferkan kepada masyarakat Selaawi.

Pada hari yang sama juga, pihak kecamatan kedatangan tamu dari LPPM ITB sekaligus membuat kerjasama untuk berkolaborasi memajukan masyarakat di lingkungan Selaawi.

Camat Selaawi Ridwan Effendi mengatakan, tujuan diadakannya kerjasama ini memiliki dua aspek, pertama aspek ke dalam yaitu agar masyarakat Selaawi bisa termotivasi, kedua aspek keluar sebagai media promosi kepada pihak luar tentang Selaawi.

Ridwan juga menyampaikan pentingnya peranan mahasiswa asal dari kampung Selaawi untuk ikut berkontribusi di kampung halamannya. Karena mahasiswa sendiri pasti mempunyai gagasan dan inovasi yang baru untuk kemajuan masyarakat maupun wilayah Selaawi.

Salah satu anggota KeMaSel Ali Ruhiyat menyebutkan, tujuan dibentuknya Keluarga Mahasiswa Selaawi ini sebagai ajang untuk mengaktualisasikan point ke 3 dari tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Karena dalam pengabdiannya, itu yang diharapkan warga.

Tiap-tiap anggota KeMaSel mempunyai keahliannya masing-masing, ada yang dari pendidikan, kesehatan, pertanian, ekonomi, dan lain-lain. Hal ini bisa lebih mudah dilaksanakan dengan adanya sinergi dan kolaborasi dengan aparatur pemerintahan yang ada di lingkungan Kecamatan Selaawi.

“Mudah-mudahan kedepannya KeMaSel bisa membangun keharmonisan antara pihak-pihak yang ada di lingkungan Selaawi agar masyarakat Selaawi bisa menjadi masyarakat yang sejahtera dalam berbagai bidang,” katanya. (Erwin RW).