IKLAN
SOSIAL

Mahasiswa IMT Bakti Membangun Desa

CIKALONG, (KAPOL).-Sebagai aplikasi ilmu selama menempuh pendidikan tinggi di perguruan tinggi, sejumlah mahasiswa asal Tasikmalaya yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Tasikmalaya (IMT) Bandung Raya menggelar bakti desa di Desa Tonjongsari, Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (15/7/2017).

Kegiatan yang berlangsung selama 20 hari hingga tanggal 5 Agustus 2017 ini pun menjadi sebuah proses latihan bagi para mahasiswa. Sebab mereka yang selama ini berkuliah di Kota Bandung, nantinya akan benar-benar terjun dan kembali kepada masyarakat di daerahnya masing-masing.

Ketua Penyelenggara Bakti Desa IMT, Dadi Koswara menjekaskan, dengan kegiatan bakti desa, maka mahasiswa mempelajari ilmu-ilmu kamasarakatan secara langsung. Sebab tidak bisa dipungkiri ketika mahasiswa sudah lulus kuliahnya akan bersentuhan kerap dengan masyarakat.

“Adanya kegiatan bakti desa IMT, sedikit banyaknya bisa membantu perkembangan desa. Dari mulai pemerintahan désa, Pemuda, anak-anak dan seluruh masyarakat. Kehadiran kami pun diharapkan mampu memberikan kontribusi pada perkembangan dan penyelesaian masalah dalam pemberdayaan masyarakat desa,” ujar dia.

Ditambahkan Ketua Umum IMT Bandung Raya, Jejen Jenal Mutakin, konsep acara Bakti Desa konsentrasi di 3 bidang , yakni pendidikan, keagamaan dan kesejahteraan masyarakat. Di bidang pendidikan menanamkan jiwa kreatifitas terhadap siswa. Dalam bidang keagamaan membantu pengembangan dalam manajemen masjid. Sehingga masyarakat memahami bagaimana mengelola lembaga masjid.

“Dan dalam bidang kesejahteraan masyarakat, mahasiswa melakukan penyuluhan ke organisasian kepada karang taruna, dan menggerakan elemen pemuda dalam meningkatkan kesejahteraan,” terang Jejen.

Kepala Desa Tonjongsari, Aboy Ruhimat mengaku sangat bangga pada niat baik dan peran para mahasiswa yang tergabung di IMT. Pasalnya upaya tersebut bisa ikut membantu masyarakat di desanya mendapatkan ilmu pengetahuan, baik dalam bisang keagamaan, pendidikan dan pemberdayaan. Kedepannya diharapkan bisa memotivasi warganya untuk berkembang lebih maju.

“Saya sangat bangga dan berterimakasih pada adik-adik mahasiswa IMT yang telah ikut membantu dalam membangun desa Tonjongsari,” ujarnya. (Aris Mohamad F)***

Komentari

IKLAN
IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih Penanggungjawab: AS Wibowo
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top