IKLAN
EDUKASI

Mahasiswa Yang Jalani KKN, Wajib Berinovasi

TASIKMALAYA, (KAPOL).- Kuliah Kerja Nyata (KKN) masih menjadi program andalan perguruan tinggi untuk menghadirkan mahasiswa sebagai agen perubahan di tengah masyarakat.

Universitas Siliwangi (Unsil) pun kembali melepas 822 mahasiswanya untuk menjalani KKN.

“Mahasiswa kita coba arahkan untuk mensosialisasikan dan membantu program-program yang terkait Indeks Pembangunan Mahasiswa (IPM). Membuat inovasi-inovasi yang berhubungan dengan IPM, sesuai tema kita di tahun ini,” ujar Wakil Rektor III Unsil, Ade Komaludin, Kamis (13/7/2027).

Para mahasiswa lintas prodi ini diwajibkan bisa memberikan kontribusi dan menciptakan inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Sehingga mahasiswa kehadirannya kali itu, bukan menjadi masalah, namun sebaliknya.

“Kita sebar mereka ke delapan kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Tasikmlaya. Untuk di Kota Tasikmalaya tiga kecamatan, yaitu Tamansari, Purbaratu, dan Kawalu. Daerah yang dipilih adalah daerah-daerah yang kondisnya masih seperti desa,” imbuh Ade.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman yang menyambut baik tema KKN Unsil yang dikaitkan dengan IPM.

Saat ini, dia menyebut IPM kumulatif Kota Tasikmalaya angkanya 76 poin. Meski berada di atas rata-rata angka IPM kumulatif nasional, pihaknya pun terus berupaya untuk meningkatkannya, terutama indeks daya beli yang masih 65 poin. Adapun indeks pendidikan 86 poin dan kesehatan 76 poin.

“Kita titip kepada adik-adik mahasiswa untuk tidak melupakan budaya Sunda, di tempat KKN besok masyarakanya ya urang Sunda. Jadi harus pakai bahasa Sunda, sudah turun ke lapangan tidak akan ditanya jurusan,” pesan Budi.

Sebagai alumnus Unsil, dia juga optimis KKN memberikan dampak positif bagi mahasiswa.

“Sekarang dengan status Unsil Negeri, memang dituntut untuk kehadiran dan manfaatnya bisa lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat kita. Harus lebih bagus,” kata Walikota. (Astri Puspitasari)***

Komentari

IKLAN
IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top