IKLAN
HUKUM

Makelar PNS Kena Batunya

image

SINGAPARNA, (KAPOL).-
Unit Reskrim Polsek Singaparna berhasil membekuk seorang pelaku penipuan berkedok makelar CPNS. Pelaku atas nama Budi (61), warga Kampung Cisaro Desa Cipkat Kec. Singaparna Kab. Tasikmalaya ditangkap pada Selasa (25/8/2015) lalu di daerah Kec. Leuwisari.

Kapolsek Singaparna, Kompol Pomo Sutrisno melalui Kanit Reskrim Polsek Singaparna, Ipda Wahyu Hidayat mengatakan ada dua laporan yang diterima Polsek Singaparna terkait kasus penipuan yang dilakukan oleh Budi itu. Pertama soal penipuan rekrutmen PNS dan yang ke dua penipuan dana pensiun berkala.

“Untuk korban dana pensiun berkala ini atas nama Hj. Anon dengan kerugian mencapai 160 juta. Sedangkan untuk PNS korbannya ada puluhan orang dengan total kerugian ditaksir mencapai 600 juta,” kata Wahyu di kantornya, Senin (31/8/2015) di akntornya.

Dalam menjalankan aksinya, kata Wahyu, pelaku mengaku sebagai orang dekat Bupati yang bisa meloloskan orang yang ingin mudah jadi PNS. Setiap korban dimintai uang sebesar 7,5 juta rupiah.

“Aksi ini (penipuan berkedok makelar PNS, red) sudah dilakukan sejak tahun 2010 silam. Kita baru menerima laporan awal Agustus lalu dan langsung kita usut,” imbuh Wahyu.

Dari pelaku diamankan satu unit mobil Suzuki APV yang dibeli pelaku dengan menggunakan uang hasil penipuan itu sebagai barang bukti. Sedang hasil lainnya telah habis digunakan pelaku untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

“Kebetulan pelaku ini istrinya dua,” imbuh Wahyu.

Sampai saat ini pihak kepolisian masih terus mengembangkan kasus tersebut guna mencari kemungkinan adanya pelaku lain selain Budi. Untuk Budi sendiri, kata Wahyu, dijerat pasal 378 tentang penipuan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Sementara itu, Budi tidak mengelak jika ia telah melakukan penipuan berkedok makelar PNS.

“Benar (telah melakukan penipuan berkedok makelar PNS, red). Saya tidak mengelak,” kata Budi. (Imam Mudofar)

Komentari

IKLAN

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top