Mantan Cawagub dan Artis Beradu Peruntungan di Jabar Sebelas

TASIKMALAYA, (KAPOL),- Pemilu 2019 untuk DPR RI Dapil Jabar 11 sangat menggiurkan. Terbukti dari Mantan Calon Wakil Gubernur Jabar, Anton Charlian hingga Artis kenamaan, Mulan Jamila menguji peruntungannya di wilayah Tasikmalaya dan Garut ini.

Anton Charlian memakai kendaraan PDI Perjuangan, sementara Mulan Jamila dari Partai Gerindra, termasuk artis Reza Artamevia memilih Perindo untuk melaju ke Senayan.

Tak hanya itu, mantan Calon Kepala Daerah, Iman Ali Rahman dan Dedi Hasan Garut, serta Dede Sudrajat Kota Tasikmalaya pun ada. Iman menguji peruntunganya di Partai Golkar, Dedi Hasan di PDI Perjuangan, sementara Dede Sudrajat di Partai Demokrat.

Tiga Ketua KPU di Jabar 11 yani KPU Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya dan Garut membenarkan hal tersebut. Dua artis nasional tinggal menunggu pengumuman calon tetap bersama mantan cawagub tersebut.

“Ya tinggal menunggu penetapan calon saja. Tapi wewenangnya di KPU Pusat bukan daerah. Kami sebatas menetapkan calon daerah,” kata Ketua KPU Kota Tasikmalaya, Ade Zenul Mutaqin, Rabu, 12 September 2018.

Menurut Ade, KPU daerah sebatas mendistribusikan penguman Daftar Calon Sementara (DCS) perihal calon untuk DPR. Termasuk calon DPD dan DPRD Provinsi Jawa Barat Dapil 15.

Sehingga tidak tahu menahu dengan lolos tidaknya dua artis nasional dan mantan cawagub itu karena jika ada masukan masyarakat pun harus ke KPU Pusat.

“Sampai 31 Agustus atau batas akhir masukan masyarakat semuanya kosong. Kami tidak tahu kalau ke KPU RI maupun Provinsi untuk DPD dan DPRD Provinsi,” ujar Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Deden Nurul Hidayat.

Ketua KPU Garut, Hilwan Fanaqi pun sama, bahkan baru mengetahui ada artis nasional yang nyalon di dapil Tasik-Garut dari media.

“Kami fokusnya ke DPRD daerah saja. Jadi tak memerhatikan karena sebatas mendistribusikan informasi pengumuman,” tuturnya.

Meski demikian, Hilwan mengakui kalau Mulan Jamila pituin asli Garut dari Limbangan yang bisa menjadi warna baru pada kontestasi Pemilu 2019 ini.

“Ya KPU mah tetap netral meski ada artis orang Garut juga. Itu mah masyarakat saja yang menentukan,” ujarnya.

Dalam DCS Anggota DPR RI Dapil Jabar 11, Mantan Cawagub Jabar, Anton Charlian berada dinomor urut satu di PDI Perjuangan. Mulan Jamila nomor urut lima Partai Gerindra dan Reza Artamevia dinomor urut dua melalui Partai Perindo.

Petahana
Tak hanya Mantan Cawagub dan Artis yang berebut 10 kursi DPR dari Dapil Jabar 11 ini, sejumlah petahana pun masih turut mengadu peruntungannya.

Antara lain Acep Adang Ruhiat PKB, Subarna Gerindra, Donny Maryadi Oekon PDI Perjuangan, Nurhayati PPP, Supiadin Nasdem, Ferdiansyah Golkar, Toriq Hidayat PKS, Haerudin PAN dan Siti Mufattahah Demokrat. (Jani Noor)***

Komentari